Cegah Covid-19, Anggota DPR RI Linda Megawati Ajak Warga Subang Divaksin

34

SUBANG,Lampusatu.com – Untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Subang, Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi Partai Demokrat dapil Subang, Majalengka, dan Sumedang (SMS) , Hj Linda Megawati mengajak warga Subang untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 sangatlah penting untuk membuat herd imunity atau kekebalan tubuh kita.

“Besok kita laksanakan vaksinasi, targetnya sekitar 1.000 orang,” ujar Hj Linda Megawati kepada wartawa usai menggelar sosialisasi promotif preventif faktor risiko penyakit tidak menular melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Rosin Subang Rest Area, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga  Selain Malaysia, 4 Negara Ini Juga Melarang WNI Masuk  

Menurutnya, tidak semua warga bisa divaksinasi, karena bagi mereka yang memiliki riwayat komorbid penyakit bawaan agar tidak memaksakan divaksin.

“Jadi warga yang akan laksanakan vaksinasi. Tapi juga harus dilihat dulu kondisinya, kalau mereka punya komorbid, penyakit bawaan, seperti jantung, darah tinggi, gula, ya jangan dipaksain divaksin,” ujar Linda

“Kita juga mengimbau masyarakat agar hidup bersih dan sehat, prokes tetap dipakai,” ajaknya.

Sementara itu, dalam paparannya, Dr Hj Indriati Oetama, Kabid Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Subang, mengungkap, hingga 3 September 2021, jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 di Subang mencapai 10.356 orang, sebanyak 9.598 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan yang masih menjalani isolasi dirawat di RSUD Ciereng Subang sebanyak 5 orang. Adapun yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 232 orang.

Baca juga  Dita Apridayanti, Gadis Cantik Asal Purwadadi Penghafal Juz 20 Al-Quran

“Dan untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis pertama, kedua dan ketiga, totalnya sudah mencapai 435.984 orang,” tuturnya.

Selanjutnya dia menyebut, kebanyakan orang yang meninggal saat ini akibat menderita penyakit tidak menular (PTM), bahkan yang meninggal dimasa pandemi covid-19 pun banyak yang dikarenakan sebelumnya punya riwayat penyakit atau komorbid, dimana penyakitnya tersebut sesungguhnya tidak menular, seperti diabetes, paru-paru, kanker, jantung.

Baca juga  HUT RI ke -74, Bupati Subang : Berikan Karya Terbaik untuk Bangsa dan Negara

“Karena itu sangat penting kita melakukan sosialisasi untuk menghindari penyakit yang tidak menular melalui gerakan masyarakat hidup sehat atau GERMAS ini,” ucapnya.

Pihaknya lalu menawarkan cara menghindari penyakit tidak menular ini melalui gerakan CERDIK, yakni Enyahkan rokok, Rajin aktivitas minimal 30 menit sehari, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress.

“Dan jangan lupa tetap jalankan protokol kesehatan atau Prokes,” katanya.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini