Connect with us

Headline

Danlanud Dampingi Siswa Nikmati Wahana Planetarium

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Ribuan siswa dan siswi pelajar dari TK, SD,  dan SMP di Kabupaten Subang berbondong-bondong berkunjung ke Lanud Suryadarma rabu pagi (15/11), ingin menyaksikan secara langsung  planetarium, yakni wisata edukasi sains yang diselenggarakan oleh Ilmuan Muda Indonesia (IMI), bertempat di Hanggar Charli C  Lanud suryadarma, Kecamatan Kalijati, Subang.

Kedatangan peserta didik yang didampingi guru dan orang tuanya  ke wahana planetarium inipun,  disambut baik langsung oleh Danlanud Suryadarma Marsma TNI T Sembiring bersama para pejabat lanud lainnya. Rencananya pelaksanaan tersebut berlangsung selama dua hari,  sampai besok (16/11).

Tak segan-segan,  Danlanud sesekali menyapa  dan mengibur para siswa yang rela mengantri menunggu giliran untuk masuk ke wahana planetarium. Pasalnya, wahana edukasi yang berbentuk setengah bulat ini hanya cukup diisi sebanyak 60 siswa. Dengan durasi penayangan visual selama 15 menit.

“Adanya planetarium ini merupakan kali kedua, kerjasama antara Lanud Suryadarma dan IMI.  Dengan tujuan memberikan wawasan secara dini kepada anak-anak mengenai dunia antariksa yang disajikan secara visual,”kata Danlanud saat ditemui redaksi Lampusatu.com disela-sela meninjau lokasi pelaksanaan wahana planetarium di Hanggar Charli C,  Lanud Suryadarma.

Baca juga  Polisi Tangkap Para Pelaku Pembunuhan Sadis Supir Angkot

Sesekali terdengar teriakan keras di dalam planetarium sebagai bentuk takjub anak-anak melihat film visual yang menyajikan semua fenomena galaksi yang terjadi.

Menurutnya,  dengan datangnya anak-anak siswa ke Lanud juga banyak yang mereka bisa kunjungi. Karena di lanud  banyak tempat bersejarah, yang bisa dijadikan edukasi. Mulai dari rumah sejarah,  pesawat terbang,  dan masih banyak yang lainnya.

“Mereka (Anak-anak)  datang kesini untuk belajar sambil bermain. Nampak mereka tidak ada beban , semuanya ceria tidak hanya menonton  planetarium juga bisa mengenal sejumlah pesawat yang berada tak jauh dari Hanggar Charli C Lanud Suryadarma ,” ungkapnya.

Di samping planetarium, IMI telah menyediakan patung astronot yang membuat para pelajar bahkan masyarakat umum bisa mendokumentasikan sepuasnya. Itu dilakukan dengan berfoto hingga selfie.

Baca juga  Dai MNC TV Aji Hibur Masyarakat Subang

Menurut Zaky Zakaria Operation Manager mengatakan, jika planetarium merupakan media pendidikan atau menyajikan pertunjukan atau peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit.

Di mana setiap pelajar diajak mengembara di jagat raya untuk memahami konsepsi tentang alam semesta. Seperti contoh proses bintang-bintang itu muncul di alam jagat raya dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal itu tentunya berkaitan dengan ilmu sains yang menekankan apapun pada sebuah proses daripada produk.

“Melalui planetarium ini  ilmu sains dikenalkan sejak dini kepada anak-anak untuk melatih cara berpikir dan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda, baik benda hidup maupun benda tak hidup yang ada di sekitarnya. Anak belajar menemukan gejala benda dan gejala peristiwa dari benda-benda tersebut,” kata Zaky.

Sains juga, kata Zaky, melatih anak menggunakan lima inderanya untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan dan mendengar. “Semakin banyak keterlibatan indera dalam belajar, anak semakin memahami apa yang dipelajari,” paparnya.

Baca juga  Berniat Pindahkan Antena TV, Warga Cisaat Tewas Tersengat Listrik

Ia menyebut, IMI untuk kedua kalinya datang ke Lanud Suryadarma, Subang. Namun, animo dari para pelajar untuk menyaksikan planetarium masih sangatlah banyak.

“Ternyata memang masih banyak anak yang belum menyaksikan langsung planetarium ini. Dari target 3.000 anak yang berkunjung ternyata membludak sesuai yang diminta peserta ada 3.200 anak.  Hari pertama saja kurag lebih ada 1.300 anak, “kata Zaky.

Perlu diketahui, lanjut Zaky, jika IMI saat ini berbentuk Perseroan Terbatas (PT) bukanlah yayasan. Dengan memposisikan sebagai socioentrepreneur.

Pada kesempatan itu,  Danlanud yang didampingi para pejabat lanud lainnya menyempatkan waktu untuk masuk dan menyaksikan langsung euforia film visual mengenai dunia antariksa. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Danlanud Suryadarma Marsma  T Sembiring didampingi para pejabat lanud lainnya saat menyapa siswa dan siswi yang sedang antri menunggu giliran masuk wahana planetarium,  rabu (15/11).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *