Connect with us

Headline

Danramil Ciasem Pimpin Langsung Pengolahan Sampah Organik

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Danramil 0506/Ciasem Kapten Inf Supriatna memimpin langsung sosialisasi Pengolahan sampah Organik dan langsung pembuatan MOL (Mikro Organisme Lokal) Jumat pagi (26/1/2018), di halaman kantor Koramil Ciasem,  Subang.

Kegiatan sosialisasi ini tak hanya diikuti oleh anggota babinsa,  namun juga diikuti Ibu-ibu Persit dan staf  Kecamatan Ciasem.

Menurut Danramil Ciasem, sosialisasi kegiatan pengolahan sampah organik dan langsung pembuatan MOL merupakan pertama kali yang dilakukan di Koramil Ciasem.

Tentunya, memiliki tujuan agar
para babinsa dapat mengimplementasikannya kembali di desanya masing- masing dan mengajak masyarakat binaannya untuk bisa mulai mengelola sampah.

“Intinya agar masyarakat sadar tentang kebersihan lingkungan dan posisi babinsa sebagai dinamisator. Dan hal inipun merupakan perintah Komandan Kodim 0605/Subang langsung untuk Danramil dan babinsa yang harus di jalankan,”ungkapnya.

Baca juga  Bimtek, Direktorat Intelkam POLDA Jabar : Jangan Sampai Bahan Peledak di Curi

Sebelumnya para Danramil dan babinsa dibawah Kodim 0605/ Subang telah mengikuti acara sosialisasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Rumah Inspirasi Rabu (25/1/2018), di aula Makodim 0605/Subang.

Pada kesempatan itu Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian. Dandim berpesan, bahwa para Danramil dan babinsa yang notabene lebih dekat dengan masyarakat harus berusaha terus melakukan inovasi.

Salah satunya dalam mengelola sampah rumahan, yang tadinya dibuang, namun saat ini harus bisa didaur ulang menjadi lebih bermanfaat. Baik di sulap menjadi produk kerajinan ataupun bisa bernilai ekonomis.

Baca juga  Koni Subang Gandeng Media Sosialisasikan 'Subang Jadi Tuan Rumah Porda Jabar 2022'

“Acara sosialisasi pemanfaatan sampah rumahan ini yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan didukung rumah Inspirasi Subang sangatlah bagus. Untuk itu saya meminta semua anggota agar menyimak betul apa yang disampaikan oleh pemateri dan bisa segera dipraktekan di masing-masing wilayah binaannya,”kata Dandim 0605 Subang.

“Terlebih saat ini sudah ada contoh Bank sampah yang dibuat oleh rumah Inspirasi, mudah-mudahan para danramil memotori dibuatnya bank sampah lainnya dilingkungan binaan masing-masing. Kita gerakan lagi bank-bank sampah, “harapnya.

Baca juga  Camat Jatiluhur Jadi Saksi Pernikahan Sepasang Penyandang Disabilitas Tuna Rungu Wicara

Masalah sampah ini lanjut Dandim,  menjadi prioritas. Kita kelola sampah mulai dari sampah rumah tangga psahkan mana yang organik dan anorganik.

“Setidaknya hari ini kita bisa membantu mengurangi beban pemerintah daerah.  Kita akan gandeng lembaga pecinta lingkungan. Lakukan mulai dari yang terlihat oleh kasat mata, kalau ada tempat pembuangan sampah yang tidak rapih. Kita aja masyarakat untuk merapihkannya,”pungkasnya. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Danramil 0506/Ciasem Kapten Inf Supriatna memimpin langsung sosialisasi Pengolahan sampah Organik dan langsung pembuatan MOL (Mikro Organisme Lokal) Jumat pagi (26/1/2018), di halaman kantor Koramil Ciasem,  Subang.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *