Dinas Kesehatan Subang Godok Perbup Kawasan Tanpa Rokok

SUBANG,Lampusatu.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Subang sedang menggodok Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2020 tentang kawasan tanpa rokok.

Perbup tersebut dinilai sangat penting,
sebab pengaruh asap rokok sangatlah besar terhadap penyakit yang diderita masyarakat.

Hal ini terungkap dalam acara sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2020 tentang kawasan tanpa rokok di ruang Rapat Bupati Subang II, Kamis (5/11/2020) yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Subang, H.Aminudin didampingi Kadinkes Subang, dr.Nunung Syuhaeri.

Acara ini dihadiri pula perwakilan dari seluruh OPD dan unsur media.

Baca juga  Sempat Dikabarkan Meninggal Dunia,  TKW Asal Cipeundeuy Subang Dipulangkan dari Jeddah  Arab Saudi

Dalam perencanaan perbup tentang kawasan tanpa rokok ini, Dinas Kesehatan Subang pun bekerjasama dengan komunitas Note No Tobalco Community dari Kabupaten Bogor.

Sekda Subang, H.Aminudin menyampaikan dalam membuat perbup terkait kawasan tanpa rokok ini harus dibuat secara matang, dengan melibatkan para stakeholder terkait.

Perbup tentang Kawasan tanpa rokok itu dibuat dengan maksud untuk melindungi dan menjauhkan masyarakat yang bukan perokok dari bahaya zat nikotin yang terkandung dalam rokok.

Baca juga  Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketum KONI Subang, ARD Ajak Semua Cabor Bersatu

” Kita saat ini kan sosialisasi bukan pada action rencana aksi kawasan yang harus ditetapkan sebagai kawasan tanpa rokok itu seperti fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan kawasan pemerintahan di Kab.Subang serta tempat – tempat lembaga pendidikan serta non lembaga formalnya,”ujarnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Nunung Syuhaeri menegaskan bahwa kawasan tanpa rokok penting, karena berefek bagi kesehatan para perokok pasif, kawasan ini juga turut mendukung kebersihan lingkungan.

Menurutnya, kebebasan setiap individu untuk merokok adalah suatu hak yang tidak dapat dielakkan, namun juga ada hak dari individu yang lain untuk tidak terkena dampak asap rokok dari aktivitas merokok yang dilakukan individu perokok tersebut

Baca juga  Presiden Jokowi Resmi Lantik Idham Azis Jadi Kapolri

“Paling tidak adanya perbup kawasan tanpa rokok ini untuk memberikan perlindungan dari bahaya asap bagi perokok aktif atau perokok pasif,”ujarnya.

Dalam acara sosialisasi inipun diskusi inipun dihadirkan Kabag  hukum Setda Pemda Subang, H.Yoyon SH yang membahas mengenai aturan hukumnya jika perbut tersebut dibuat.

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini