Connect with us

Headline

Dishub – Satlantas Polres Subang Gelar Ramp Check Puluhan Bus Pariwisata

Published

on

Foto : Ramp Check puluhan bus pariwisata oleh Dishub-Satlantas Polres Subang di Terminal, Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Minggu (18/2/2018), di Terminal Subang.

SUBANG, Lampusatu.com,- Bus yang mengangkut wisatawan domestik ke arah Ciater maupun ke Bandung terpaksa harus berhenti dan masuk ke terminal Kabupaten Subang di Sukamelang, karena ada Ramp Check dari Dinas Perhubungan Darat dan Satlantas Polres Subang, berlangsung selama dua hari, 17-18 Februari 2018 .

Operasi ramp check  itu difokuskan untuk bus pariwisata  yang tidak laik jalan. Dipimpin langsung Kadishub Subang Rona Mairansyah didampingi Kasi Penguji Kendaraan dan perbengkelan Dudi Kusnadi dan Kasatlantas, AKP Budhi didampingi KanitDikyasa, Iptu Ikin S.

“Kegiatan operasi ini, sebenarnya dilakukan secara rutin setiap bulan untuk mengecek kelaikan apalagi sekarang liburan dan kondisi jalan ke arah Subang selatan yang memiliki daerah turunan tajam maupun tanjakan tinggi dan kembalinya menurun. Demi keamanan dan keselamatan para penumpang sampai tujuan,“ kata Dudi kepada redaksi Lampusatu.com, Minggu (182/2018).

Baca juga  Ketua TPID Kecamatan Jalancagak, Agus Yuliana Ajak Kaum Milenial Berinovasi untuk Desa

Rona menegaskan tidak mau kecolongan dan tidak akan main-main dengan keselamatan penumpang sehingga kondisi kendaraan umum harus prima

Pihaknya sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan bersama Polres Subang termasuk parkiran obyek Wisata Air Panas PT Sariater.

“Kalau di sini mengawali tahun 2018 dan sejak Sabtu dan Minggu siang ini ada lebih dari 50 bus dan ada yang terpaksa harus diperbaiki dan diganti baudnya setelah diperiksa oleh petugas kita,” jelasnya.

Baca juga  Disdikbud Subang Dukung TSM "Bike To Work , Bike To School"

Sementara menurut Kasatlantas Subang AKP Budhi Hendratno didampingi Kanitdiyaksa, Iptu Ikin Sodikin mengungkapkan, dari 50 bus yang diperiksa 15 di antaranya dilakukan penilangan karena terkait dengan kelengkapan surat-surat.

“Untuk hari pertama, Sabtu sebanyak 30 bus diperiksa dan 9 ditilang, sedangkan hari Minggu ini sebanyak 20 bus dan 6 ditilang terkait kelengkapan surat-surat,” ungkap AKP Bhudi.

“Kegiatan ini upaya antisipasi kita agar menekan angka kecelakaan lalu lintas,  sehingga dilakukan peneguran serta sosialisasi tata tertib lalu lintas kepada pengemudi maupun penumpang agar tetap lebih berhati-hati,”tandasnya sambil membawa boneka promotor satlantas.

Baca juga  Gencar Penanggulangan Aksi Premanisme, Mapolres Majalengka Dapat Sejumlah Karangan Bunga Dari Warga

Selain memeriksa SIM Umum, STNK, Buku Uji, Kartu Pengawasan juga sistem penerangan, pengereman, kaca depan, ban depan belakang, sabuk  keselamatan pengemudi, serta penunjang berupa pengukur kecepatan, kaca spion, klakson, wiper, kesesuaian kapasitas tempat duduk dengan buku uji, perlengkapan kendaraan dan fasilitas tanggap darurat. Satlantas pun membawa boneka promoter lantas untuk sosialisasi.