Era Digitalisasi, Ketua Dekopinda Subang : Kaum Milenial Harus Dikenalkan dengan Koperasi

71
Foto : Bupati Subang, H.Ruhimat menyerahkan penghargaan kepad a istrinya Hj.Yoyoh Ruhimat . Didampingi langsung Ketua Dekopinda Subang, H.Daeng Makmur dan Sekda Subang hadir dalam acara HUT Koperasi ke-74 dengan tema "Koperasi kuat modern dan mandiri dukung Ketahanan Pangan untuk Kesejahteraan Anggota dan Masyarakat” di Aula Dekopinda Kabupaten Subang, Kamis (19/8/2021).

SUBANG,Lampusatu.com – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Subang menyelenggarakan acara syukuran peringatan HUT Koperasi Nasional ke-74 dengan tema “Koperasi kuat modern dan mandiri dukung Ketahanan Pangan untuk Kesejahteraan Anggota dan Masyarakat” di Aula Dekopinda Kabupaten Subang, Kamis (19/8/2021).

Acara tersebut digelar secara sederhana karena masih suasana pandemi Covid-19, maka pelaksanaan syukuran dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan dihadiri oleh Bupati Subang, H. Ruhimat beserta Istrinya Ibu Hj. Yoyoh Ruhimat selaku Ketua Dekranasda Subang, Sekda Subang, H.Asep Nuroni, dan Kepala DKUPP Subang H.Dadang Kurniaudin.

Kepala Dekopinda Subang, H.Daeng M. Ma’mur mengatakan koperasi dan UMKM Kabupaten Subang memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat memperluas pangsa pasarnya dengan adanya Proyek Strategis Nasional Pelabuhan Patimban.

Baca juga  Corona di Subang Menggila, dr.Maxi Telusuri Kemungkinan Masuknya Varian Virus Covid-19 Baru  !

Pihaknya juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas koperasi termasuk UMKM sekaligus mendukung program ketahanan pangan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya dengan memberikan pembinaan kepada koperasi dan sumber dayanya sehingga mampu menghasilkan produk yang bersaing dan dapat dipasarkan ke luar pulau dan provinsi lainnya di Indonesia.

“Mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Subang karena ini peluang yang besar bagi bisnis Koperasi dan UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Subang,” ujar H. Daeng.

Ia juga mengajak kepada kaum milenial untuk ikut serta mengembangkan potensi Koperasi.

“Kaum milenial harus dikenalkan dengan Koperasi, manfaatnya terasa bagi pengurus maupun anggota,” ujar Daeng.

Kemudian ia menambahkan, bahwa kehadiran aplikasi belanja online Icalan.id merupakan salah satu inovasi di bidang digital dari Dekopinda Kabupaten Subang yang diapresiasi Bupati Subang H Ruhimat.

Baca juga  Bupati Subang Minta 34 Pejabat yang Hari Ini Dilantik Tingkatkan Hasil Pekerjaan

Menurutnya, Koperasi memang harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman agar bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

Pemasaran hasil produksi para pelaku UMKM di bawah binaan Koperasi yang menjadi anggota Dekopinda Subang telah memanfaatkan aplikasi platform bisnis Icalad.id.

“Melalui aplikasi icalan.id yang berfungsi seperti marketplace, hampir 40% UMKM Subang di aplikasi icalan.Id,”ujarnya.

Ia mengaku bangga karena Koperasi sudah bisa melayani secara online.

“Kita memang tidak boleh ketinggalan zaman. Apalagi di era digitalisasi harus adaptif dan inovatif agar tidak tertinggal oleh perusahaan yang lebih maju,” tegasnya.

“Karena itu dalam pelaksanaannya, Koperasi perlu menumbuhkan kepercayaan para anggotanya. Mudah-mudahan Koperasi di kabupaten Subang di bawah koordinasi Dekopinda Kabupaten Subang bisa lebih maju, dan anggotanya sejahtera,” pungkasnya.

Baca juga  Subang Segera Masuk Level 2, dr.Maxi : Vaksin Dosis Pertama Tinggal 3,4 Persen Lagi Capai 50 Persen !

Pada kesempatan itu, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat mendapat penghargaan dari Dekopinwil  sebagai tokoh yang telah berkontribusi positif bagi pengembangan koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi dalam pengembangan koperasi dan UMKM di Subang yang diantaranya yaitu :

– Koperasi Mina Karya Baru, Blanakan
– Koperasi Wanita Mekar Saluyu, Dawuan
– KUD Bangkit Jaya, Pabuaran
– Koperasi Muamalat Nahdatul Ulama, Kasomalang
– Koperasi Wanita LED Mawar, Binong KSP Karya Utama, Compreng
– Koperasi Produsen Tabur Benih Melati, Pusakajaya
– UMKM Aroma Jaya Blanakan, UMKM Dapoer Buaas, Cijambe
– UMKM Evan Art Gallery, Pagaden.

 

 

Ovan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini