FKDM Kecamatan di Subang Resmi Dikukuhkan

SUBANG,Lampusatu.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Kabupaten Subang dalam rangka membantu instrument Negara dalam menyelenggarakan urusan kemanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman, gejala atau perisitwa, maka mengundang perwakilan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tiap kecamatan se-Kabupaten Subang untuk dilakukan pengukuhan dan pembekalan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Kabupaten Subang periode 2020-2025 di Graha Hatta Dekopinda Subang, Selasa (22/12/20).

Laporan ketua FKDM Kabupaten Subang, Maman Suparman dalam laporannya menyampaikan bahwa pengukuhan dan pembekalan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Kabupaten Subang periode 2020-2025 dibentuk untuk
FKDM memberikan fasilitasi akan terlibat langsung didalam menentukan kondisi bangsa, FKDM menjaring informasi yang terkait potensi-potensi isu yang muncul dan selanjutnya dianalisa.

Baca juga  Jelang Pensiun, Kapolsek Cipeundeuy Gelar Acara Halal Bihalal

“FKDM dengan pimpinan daerah dan Pemerintah daerah serta kecamatan akan berkolaborasi, berkomunikasi dan bekerjasama dalam menjaring, menampung informasi dan data potensi ancaman kemanan, gejala atau peristiwa dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini,”ujarnya.

Baca juga  Di tengah Pandemi Covid-19, Warga Desa Cisaat Subang Ekspor Arang ke China

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Subang, Udin Jajudin menyampaikan bahwa dasar pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah peraturan Mendagri nomor 2 tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah. Pembentukan FKDM mulai tingkat Provinsi, KAbupaten/Kota, Kecamatan sampai tingkat Desa.

Baca juga  Pendukung Imas - Sutarno : Siapa Kita ?  Motekar , Motekar, Motekar Menang, Yes, Yes

“Pembentukan FKDM adalah untuk membantu instrument Negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana,”ujarnya.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi  menyampaikan ucapan terima kasih kepada badan Kesbangpol Kabupaten Subang dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Subang dan seluruh pihak yang telah berupaya agar kegiatan tersebut dapat terlaksana.

“FKDM memiliki tugas yang sangat penting yaitu menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan informasi dan data dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini,”terangnya.

Baca juga  Jelang Porprov, Wabup Subang : Semoga Tenis Lapangan Jadi Olahraga Favorit di Subang
Baca juga  Jelang Pensiun, Kapolsek Cipeundeuy Gelar Acara Halal Bihalal

Dalam melaksanakan tugasnya FKDM dapat terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

“Mari bersama-sama kita wujudkan Kabupaten Subang yang nyaman, tentram dan terhindar dari gangguan gangguan yang dapat meresahkan masyarakat,”terangnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua FKDM Provinsi Jawa Barat Prof. Cecep Darmawan, Pasi Intel Kodim 0605 Subang  sekaligus selaku narasumber, dan Koordinator Camat di Subang.

 

Galih Andika

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini