Connect with us

Headline

Gelar KOPDAR di Purwakarta, Kang Emil Serap Aspirasi 27 Pemda se- Jabar

Published

on

Foto : Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyerap aspirasi 27 pemerintah daerah se-Jabar terkait program prioritas pembangunan strategis untuk tahun 2021 dalam Komunikasi Pembangunan Daerah (KOPDAR) di Istora Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/2/20).

PURWAKARTA,Lampusatu.com Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyerap aspirasi 27 pemerintah daerah se-Jabar terkait program prioritas pembangunan strategis untuk tahun 2021 dalam Komunikasi Pembangunan Daerah (KOPDAR) di Istora Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/2/20).

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan bahwa program prioritas pembagunan strategis Kota Cimahi adalah renovasi Stadion Sangkuriang dan pembangunan rumah sakit agar kualitas pelayanan kesehatan di daerahnya membaik.

Sementara itu Bupati Purwakarta,
Anne Ratna Mustika menyampaikan, di Kabupaten Purwakarta terdapat zona industri seperti di wilayah Jatiluhur dan Babakancikao yang membutuhkan akses gerbang tol sebagai penunjang. Akses tersebut diperlukan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Purwakarta.

Baca juga  Sesosok Mayat Laki- laki Ditemukan Mengambang di Kolam Ikan

  Menurutnya, jika tidak dibuka akses gerbang tol, kendaraan industri akan melalui jalur arteri dan akan menambah kemacetan di wilayah perkotaaan.

“Di Purwakarta ada tujuh zona industri, dua kawasan satu di antaranya di Babakancikao yang perlu akses gerbang tol langsung, karena satu kawasan industri terbaru ini luasnya 1.200 hektare dan bisa menampung kurang lebih 150-200 perusahaan,” ujar dia.

Setelah menyerap aspirasi dari 27 pemerintah daerah, Kang Emil menyatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar akan berupaya membantu 27 pemda di Jabar merealisasikan semua program prioritas pembangunan strategis untuk 2021.

Baca juga  Dua Motor Bersenggolan di Jalan Raya Kampung Tegal Sereh, Satu Orang Tewas

Salah satunya dengan melobi anggota dewan untuk menganggarkan anggaran bagi pemda kabupaten/kota di Jabar.

“Kita akan mendiskusikan dengan Bapeda Jawa Barat mana-mana yang perlu kami bantu melobi,” kata Kang Emil. “Kadang-kadang sama dewan suka digeser, kadang dikurangi atau ditambahkan. Nah, mereka-mereka (pemda) yang kurang mengawal itu biasanya kena geser,” imbuhnya.

Tahun 2020 Pemda Provinsi Jawa Barat membantu daerah itu dengan total Rp7 triliun. Tadi kita rekap semuanya permohonan para wali kota dan bupati itu nilainya total Rp10 triliun, berarti kan ada gep Rp3 triliun. Nanti kita cari,” katanya.

Baca juga  Banyak Buruh di Subang Pilih Golput Pemilu 2019

“Kalau PAD naik, dananya lancar, ya, semua keinginan beliau-beliau ini bisa kita penuhi. Kalau ternyata kurang nanti kita informasikan lagi. Jumlah Rp10 triliun ini untuk tahun 2021, di tahun 2020 kita akan membelanjakan sebesar Rp7 triliun. Tahun 2021 kan itu banyaknya minta lagi tuh, ditotal dan direkap sebesar Rp10 triliun,” pungkasnya.

Galih Andika