Gelar Musrenbang, Ini Tujuh Prioritas Pembangunan Kabupaten Subang Tahun 2021

SUBANG,Lampusatu.com – Bupati Subang, H. Ruhimat mengingatkan kepada seluruh aparatur Pemerintah daerah Kabupaten Subang terhadap RPJMD Kabupaten Subang yang memuat tujuh Prioritas Pembangunan Kabupaten Subang tahun 2021.

“Yaitu bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, daya saing, pariwisata, lingkungan hidup dan reformasi birokrasi,” ujar Kang Jimat sapaan akrabnya dalam sambutan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Subang, Senin (23/3/2020).

Untuk itu kata Kang Jimat menginstruksikan kepada seluruh perangkat daerah untuk menindaklanjuti ketujuh prioritas pembangunan tersebut dengan program dan kegiatan yang konkrit.

“Dengan Target kinerja yang terukur.
Saya berharap tahun 2021 rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah kabupaten subang meningkat, jumlah bangunan SD dan SMP dalam kondisi baik, meningkatnya pelayanan kesehatan baik di rumah sakit maupun di puskesmas yang ditunjukan dengan meningkatnya angka harapan hidup, persentase ruas jalan kabupaten dan poros desa dalam kondisi baik meningkat secara signifikan dan merata di semua kecamatan,” tuturnya.

Baca juga  Tiga Rumah Warga Tanjungsiang Ludes Terbakar

Kemudian lanjut dia, hal tersebut akan mendorong terjadi peningkatan omzet UMKM, terbentuk beberapa destinasi wisata baru yang berbasis budaya dan kearifan lokal, terealisasi tempat pengolahan sampah baru sebagai langkah konkrit penangan sampah di Kabupaten Subang, dan peningkatan kinerja birokrasi diberbagai lini.

“Khusus peningkatan SDM ASN Kabupaten Subang saya instruksikan kepala BKPSDM untuk membuat formulasi jitu merealisasikan hal ini,”pesannya.

Baca juga  Presiden Jokowi Ungkap Penularan Covid-19 di Tiga Provinsi Ini Masih Cukup Tinggi

Serta yang lebih utama, ia berharap semua ASN kabupaten subang meningkat kinerja dan etos kerjanya.

Kemudian hal krusial lainnya adalah mekanisme penganggaran yang fokus kepada prioritas pembangunan.

“Saya menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah selaku Ketua TAPD untuk menyusun jadwal ekspose setiap perangkat daerah di hadapan Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda ketika akan finalisasi rancangan akhir RKPD Kabupaten Subang,”terangnya.

Ia berharap dengan mekanisme tersebut bisa lebih memfokuskan belanja prioritas sesuai dengan Prioritas Pembangunan Kabupaten Subang tahun 2021.

Dalam rangka mewujudkan itu semua kata dia harus ditunjang dengan peningkatan PAD Kabupaten Subang.

“Saya berharap Bapenda dan beberapa perangkat daerah yang mengelola dan memungut retribusi daerah serta selruh Camat untuk bahu membahu meningkatkan PAD Kabupaen Subang, sehingga program kegiatan yang kita rencanakan bisa dilaksanakan secara optimal,” tuturnya.

Baca juga  Sejumlah Polwan Cantik Polres Subang Bagikan Makanan dan Minuman ke Kaum Dhuafa

Terkait pelaksanaan Program dan Kegiatan tahun 2020 Bupati Subang berharap setiap perangkat daerah menyusun strategi yang efektif dan efisien walaupun sedang dalam keadaan darurat Covid-19.

“Pelaksanaan program dan kegiatan yang telah ditetapkan di tahun 2020 (harus) tetap bisa tercapai target kinerjanya,” katanya.

Walaupun hal itu dilakukan di rumah agar memastikan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi tidak terhambat.

“Kemudian mengingatkan supaya menghadapi situasi saat ini memperkuat rasa kebersamaan dan kekompakan serta gotong royong,”pungkasnya.

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini