Gola Gong Gelorakan Semangat Penggiat Literasi Subang

SUBANG,Lampusatu.com – Pendiri rumah dunia, Heri Hendrayana Harris atau yang akrab disapa Gola Gong memberikan motivasi kepada para milenial penggiat literasi di Kabupaten subang  dalam acara bedah buku yang dibuatnya berjudul “Rahasia penulis : bukan sekedar tips menulis” yang bertempat di Rumah Karya Klabinaria Jalan Ks.Tubun Subang, Jumat (6/9/2019.

Gola Gong yang merupakan penulis novel Balada Si Roy tersebut hadir dengan gayanya yang khas. Selama paparannya ia  juga dipandu oleh seorang moderator sekaligus penulis muda Teguh Deni Aljabar dan MC nya Melly Anggraeni.

Gola gong berharap geliat literasi di Kabupaten Subang terus ditingkatan, dengan cara kolaborasi antara berbagai komunitas pegiat literasi, komunitas seni, sastra , dan lainnya.

Baca juga  Presiden Jokowi Minta Segera Siapkan Bangun Kawasan Industri di Subang

“Untuk itu, komunitas pegiat literasi antara komunitas lainnya harus saling komunikasi dan mendukung. Karena, ketika hidup kamu harus bersama orang lain, kecuali mati kamu sendirian. Maka baik-baiklah kepada orang,”tegas pria kelahiran Purwakarta, 15 Agustus 1963 ini.

Pada kesempatan itu, Gong juga memaparkan sejumlah kondisi yang memengaruhi perkembangan literasi di Tanah Air. Dan juga menyoroti karakteristik dan gaya hidup masyarakat dalam beraktivitas dan bermedia sosial. Ia mengungkapkan dengan kondisi keterbatasannya, tak menyurutkan semangatnya untuk membaca dan menulis hingga membawa dirinya saat ini menjadi sukses.

Baca juga  Peringati Hari Sampah Nasional 2019, TNI & Polri Bersih-bersih Lingkungan di Pusat Kota Subang

“Saya dapat bepergian hingga ke-20 negara karena membaca dan virus itu harus disalurkan kepada yang lainnya terutama milenial. Membaca itu sehat, menulis itu hebat,” ujarnya.

Ia juga turut berbangga akan semangat Alm.Fahmi Fasya, sebagai salah satu pegiat literasi di kota Subang yang hingga akhir hayatnya karena sakit  konsisten mengajak masyarakat akan pentingnya literasi di era digital ini.

“Semangat menggerakan literasi yang dilakukan oleh Alm Fahmi Fasya melalui komunitas taman bacanya gen hati perlu diteruskan,”ujarnya.

Acara ini juga sebagai ajang sharring pengalaman dan berbagai ilmu Gong kepada sedikitnya 50 peserta yang hadir, mulai dari akademisi, mahasiswa, pelajar, Taman baca,PKBM, dan berbagai komunitas lainnya.

Baca juga  DKUPP Subang : Naiknya Harga Komoditi Sayuran Bukan Karena Dampak Corona, Tapi Cuaca Ekstrem

Sementara itu, salah satu peserta, milenial asal Kalijati Indra, menyebutkan kegiatan literasi itu sangat bermanfaat. Ia menganggap, penggiat literasi perlu terus diberikan semangat karena mereka adalah penjaga yang diharapkan bisa menjaga literasi di masa depan.

“Gola Gong bisa menyampaikannya dengan contoh-contoh yang riil dan inspiratif,” kata Indra.

Turut mengisi acara tersebut, sebagai narasumber , akademisi sekaligus dosen STIESA Gughy Susandy, SE,MS.i dan Rudi Rustandi seorang cerpenis terbaik hari puisi Indonesia 2019. Acara pun diisi dengan pembacaan puisi dan live music.

 

Wartawan : Iwan Sukmawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini