Jamaah Memulai Ibadah Haji Hari Pertama di Tengah Pandemi Covid-19

7

Lampusatu.com – Jamaah haji di Arab Saudi telah memulai pada hari pertama ibadah haji setelah mengisolasi diri di sebuah hotel dengan mematuhi langkah-langkah pencegahan virus corona, demikian dilaporkan kantor berita Arab Saudi SPA pada Rabu (29/7/2020).

Seorang pemimpin kesehatan telah ditugaskan untuk masing-masing kelompok 50 jamaah haji untuk memastikan langkah-langkah keselamatan, termasuk mengenakan masker dan menjaha jarak sosial, diimplementasikan setiap saat.

Baca juga  PMI Siapkan 100.000 Vaksin Corona Per Hari

Karena pandemi virus corona, Arab Saudi hanya mengizinkan mereka yang tinggal di wilayah Kerajaan, yang memenuhi kriteria tertentu untuk berpartisipasi dalam ziarah haji di Makkah tahun ini.

Menurut koresponden Al Arabiya, peserta ibadah haji tahun ini akan berkumpul setiap hari di titik pertemuan di depan hotel yang ditunjuk oleh Kementerian Haji dan Umrah untuk diangkut melalui bus ke situs-situs suci di Makkah. Setiap individu telah diberi kursi untuk seluruh durasi haji.

Baca juga  Polsek Cipeundeuy Kirim Air Bersih untuk Korban Banjir

Para jamaah diminta untuk mengisolasi di rumah selama tujuh hari sebelum tiba di Mekah sesuai dengan persyaratan untuk berpartisipasi dalam ziarah.

Setelah kedatangan mereka di Bandara Internasional King Abdulaziz, para peziarah menjalani proses penyaringan sebelum dipindahkan ke hotel yang ditunjuk di mana mereka diminta untuk mengisolasi diri sampai dimulainya prosesi haji.

Baca juga  Bupati Ruhimat Resmikan Masjid Jami As Sa'diyah Ciater Subang

Pada Februari, pihak berwenang di Arab Saudi membekukan izin masuk bagi orang-orang yang melakukan perjalanan umrah karena khawatir akan penyebaran virus corona. Pada Juni, otoritas Kerajaan memutuskan untuk mengizinkan ”haji terbatas” yang dihadiri sekitar 1.000 orang.

Sumber : okezone

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini