Connect with us

Headline

Jatiluhur Heroes Fun Run Ajak Warga Jaga Lingkungan dan Air

Published

on

Foto : Sebanyak 2000 peserta meriahkan gelaran The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk di kawasan Waduk Jatiluhur, Minggu (10/11) pagi .

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Sebanyak 2000 peserta meriahkan gelaran The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk di kawasan Waduk Jatiluhur, Minggu (10/11) pagi .

Lomba lari dengan tema “Green, Water and Life” ini diprakarsai oleh Jasa Tirta II dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Dengan mengusung tema tersebut menjadi bagian dari kampanye untuk menjaga lingkungan dan air bagi kehidupan.

“Gelaran The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk 2019 yang pertama ini mengajak masyarakat untuk menjadi Pahlawan masa kini dengan menjaga kebersihan lingkungan. Mari kita lindungi hutan, tanami pohon, jaga lingkungan dan air. Dengan itulah Indonesia akan punya masa depan, karena tanpa air tak ada sumber kehidupan, “kata U. Saefudin Noer, Direktur Utama Jasa Tirta II.

Tak hanya itu, event ini juga mendorong masyarakat untuk hidup sehat dengan berolahraga. Fun Run & Walk dipilih karena olahraga ini paling mudah dan murah hingga bisa menarik banyak orang untuk berpartisipasi. Hadir pada kesempatan ini Atlet Pelari Nasional Suryo Agung Wibowo, dan Atlet Pelari Senior Henny Maspaitella.

Istimewa

Mengambil start dan finish di area Jatiluhur Water World, Dirut Jasa Tirta II melepas ribuan pelari yang sontak bersemangat mulai bergerak dan berlari. Kemeriahan acara ini juga didukung oleh Pegadaian, BRI, Bank Mandiri, BNI, Telkomsel, BPJS Ketenagakerjaan, BJB, Garuda Indonesia, Aetra, Palyja, PAM Jaya, Inna Hotel & Resorts, Lippo Cikarang dan Glico Wings

Baca juga  Bunda Imas - Sutarno Resmi Daftar Pilkada ke KPU

Sepanjang Tahun 2019, Jasa Tirta II telah melaksanakan program konservasi dan optimalisasi pengelolaan air dengan pembersihan sumber air mulai dari Situ Cisanti, pembersihan waduk, bendung dan saluran sepanjang Sungai Citarum, dan antisipasi kekeringan melalui proses pengaturan air untuk pertanian, industri, dan air minum.

“Dengan kerja keras Jasa Tirta II dalam kegiatan OP, kondisi Waduk Jatiluhur yang bersih bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan event-event wisata seperti The 1st Jatiluhur Stand Up Paddle & Kayak Exhibition, hari ini The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk, dan nanti tanggal 30 November dan 1 Desember kita akan gelar The 1st Jatiluhur Jazz Festival,”kata Saefudin Noer.

Baca juga  Kapolres Purwakarta Lepas Ribuan Peserta Jalan Sehat MRSF 2019

Tak hanya itu, untuk mendongkrak pariwisata di Jatiluhur Jasa Tirta II juga mengembangkan zonasi destinasi eco-tourism, wisata air, renovasi hotel, bungalow dan resto dan penataan umkm di sekitar waduk.

Kegiatan-kegiatan itu juga merupakan bagian dari BUMN Hadir untuk Negeri dalam pembinaan usaha mikro kecil menengah/umkm dan ekonomi kreatif di kawasan Jatiluhur dan wilayah sungai yg dikelola Jasa Tirta II.

Baca juga  Ini Sembilan Maklumat yang Disampaikan MUI Purwakarta dalam Multaqo Ulama

Pengabdian 52 Tahun Jasa Tirta II tercatat dalam berbagai bentuk, antara lain pengelolaan air dimana 90 persen air Waduk Ir. H. Djuanda digunakan untuk mengairi kawasan pertanian di Jawa Barat seluas lebih dari 240.000 hektar yang merupakan salah satu lumbung padi nasional. Dengan hasil panen rata-rata 5,5 ton perhektar dalam dua musim tanam dengan asumsi rata-rata produksi padi 3,1 juta ton pertahun.

Bila dimonetisasi, sumbangsih Jasa Tirta II untuk ketahanan pangan mencapai triliunan rupiah pertahun. Jasa Tirta II juga melaksanakan tugas strategis untuk memenuhi kebutuhan 80% air baku DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara dan air baku untuk kawasan Bekasi, Karawang, Subang, dan Purwakarta tercukupi 100%.

 

 

Alif