Connect with us

Headline

Jelang Pemilu, Dandim 0605 Subang Tegaskan Prajurit TNI Menjaga Netralitas

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)  dan Pemilu semua prajurit TNI harus bersikap netralitas.

Hal tersebut untuk terwujudnya, pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara demokratis, aman dan terkendali. Netralitas yang dimaksud,  tanpa ada politik praktis yang dilakukan seorang prajurit,  untuk mendukung salah satu calon, tidak menggunakan hak pilih, menjadi tim sukses atau menggiring masa untuk memilih salah satu calon.

Demikian diungkapkan Komandan Kodim (Dandim) 0506/Subang Letkol Inf Fikri Ferdian kepada awak media Sabtu (11/11), usai pelantikan 759 anggota Panita Pemungutan Suara (PPS) oleh KPU Subang, di Lapang alun-alun Subang Jln Aria Wangsa Gofarana,  Subang.

Dandim menegaskan,  prajurit profesional harus mengedepankan kedisiplinan.

“Namun meskipun TNI bersikap Netral dalam pemilukada dan pemilu,  tetapi TNI harus ikut serta menyukseskan proses pesta demokrasi tersebut. Salah satunya dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat nantinya. Sesuai tagline yang dibuat oleh KPU Subang,  pilkada bahagia, “jelas Dandim.

Seperti diketahui,  dasar netralitas TNI, sesuai Undang-undang (UU) Nomor 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilihan umum. Undang-undang tersebut mengamanatkan bahwa prajurit TNI harus netral dalam kehidupan berpolitik dan tak melibatkan diri pada politik praktis.

Pada hari ini sebanyak 759 anggota PPS telah resmi dilantik langsung oleh Ketua KPU Subang Maman Suparman disaksikan oleh Bupati Subang. Dihadiri para unsur muspida, muspika,  panwaskab,  panwascam, PPK,  dan tamu undangan lainnya. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Saat Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian diwawancara awak media usai mengikuti pelantikan anggota PPS Sabtu (11/11), di Alun-alun Subang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News

Terbaru