Connect with us

Headline

Jelang Pilkades Serentak, Kapolres Subang Minta Agar Aparat Netral

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni pimpin langsung apel gabungan gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak tahun 2017, Jumat (8/12), di Alun-alun Subang.

Apel gabungan tersebut diikuti oleh jajaran TNI/Polri, dan PNS  Pemda Subang. Sebanyak 1.000 Personil akan diterjunkan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak di sejumlah wilayah Subang pada 10 Desember 2017 mendatang.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung. Sedikitnya ada 22 desa yang ada di Kab.Subang akan melaksanakan Pilkades secara langsung dua hari mendatang,”kata Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni didampingi Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian usai apel gabungan Jumat (8/12), di Alun-alun Subang.

Hadir pada kesempatan itu juga Asda I  Bambang Suhendar, Kadis Pemdes Drs.R.Memet Hikmat  Kasatpol PP Subang Tatang Supriatna, Irda Subang Cecep Supriatin, para camat,  dan tamu undangan lainnya.

Dijelaskan Kapolres,  dinamika sosial dan politik yang terjadi maka berbagai tahapan dalam pilkades tentunya dapat berpotensi kerawanan dan konflik sosial yang dikhawatirkan dapat mengganggu situasi kamtibmas.

“Oleh karena itu waspadai aksi massa, karena tidak menutup kemungkinan yang awalnya kondusif namun dengan adanya provokasi yang tidak ditangani dengan baik  tidak jarang berujung menjadi konflik komunal dan cenderung bertindak anarkis,”jelasnya.

Ditambahkannya,  sesuai dengan fungsi  dan tugas pokok polri dalam mengwujudkan situasi Kantibmas yang kondusif ada beberapa hal yang perlu perhatikan, diantaranya menyiapkan mental dan fisik yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin ,  lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan bhabinkantibmas, dan tingkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap kemungkinan terjadinya teror.

“Saya juga meminta kepada semua aparat agar mampu menjaga Netralitas,  dengan tidak memihak kesalah satu calon. Mari kita sukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini, “tegasnya.

Hal senada dijelaskan Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung .

Menurutnya, sesuai UU TNI membantu tugas Polri dan Pemda Subang.

“Dimana setiap unsur yang ada disetiap wilayah dibekali data intelijen awal,”ujarnya.

Sementara menurut Asda I Subang Bambang Suhendar,  atas nama pemerintah daerah bahwa persiapan pengamanan pilkades harus berjalan dengan baik. Mengingat hal itu demi menciptakan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaannya.

“Kami meminta kepada satuan pengamanan dalam menangani masyarakat gunakan tindakan persuasif dan dengan senyuman,”pungkasnya.

Seperti diketahui,  pilkades serentak akan berlangsung di 22 desa yang tersebar 14 kecamatan di Kabupaten Subang. Desa tersebut ialah Desa Gempolsari, Desa Ciberes Kecamatan Patokbeusi, Desa Ciasemhilir dan Desa Blanakan Kecamatan Blanakan, Desa Pamanukan Sebrang, Desa Lengkongjaya Kecamatan Pamanukan, Desa Sukareja Kecamatan Sukasari, Desa Tegalurung dan Desa Karang Mulya Kecamatan Legonkulon, Desa Gandasari Kecamatan Cikaum, Desa Kosar Kecamatan Cipeundeuy, Desa Gunungsari, Desa Gambarsari  dan Desa Jabong Kecamatan Pagaden, Desa Sidamulya dan Desa Kosambi Kecamatan Cipunagara, Desa Batusari Kecamatan Dawuan, Desa Mayang Kecamatan Cisalak, Desa Bunihayu, Desa Tambakmekar Kecamatan Jalancagak, Desa Tenjolaya dan Desa Kasomalangwetan Kecamatan Kasomalang. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni pimpin langsung apel gabungan gelar pasukan bersama Dandim 0605 Subang Lerkol Inf Fikri Ferdian dalam rangka pengamanan Pilkades serentak tahun 2017, Jumat (8/12), di Alun-alun Subang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *