Connect with us

Headline

Jika Terpilih Lagi Jadi Kades Tegalurung, Ini Janji Lili Rusnali

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,-Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) semua calon memberikan janji-janji politik kepada masyarakat yang menjadi konstituennya. Tak terkecuali,  salah satunya calon Kades Tegalurung H Lili Rusnali yang bertekad maju kembali sebagai calon incumbent untuk memperebutkan kursi kepemimpinan Desa Tegalurung , periode 2017-2023.

Lili Rusnali yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Apdesi Kabupaten Subang menawarkan janji-janji politik jika dirinya nanti terpilih kembali.

“Jika saya terpilih kembali sesuai dengan visi, ingin lebih memajukan lagi desa tegalurung, dimana terwujudnya Desa Tegalurung yang aman, sehat, cerdas,  berdaya saing, dan berbudaya yang dilandasi iman dan taqwa untuk menuju masyarakat adil dan sejahtera,”ungkap Lili kepada awak media usai deklarasi damai pengambilan nomor urut pilkades di Kantor Desa Tegalurung Kecamatan Legonkulon,  Subang.

Sementara itu misinya kata Lili,  mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan desa bersama masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan kebersihan, jaminan kesehatan, dan melanjutkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transfaran.

“Saya juga akan meningkatkan sarana prasarana ekonomi, pendidikan  kesehatan, serta meningkatkan toleransi dalam kehidupan berbudaya, mengedepankan kejujuran tranfaransi dalam penyelenggaraan perintahan desa,”terangnya.

Lebih dari itu,  terobosan yang diambil Lili berjanji akan melaksanakan pembangunan jalan beton dan menyediakan mobil sehat di setiap dusun.

“Kemudian memberikan modal usaha UKM melalui Bumdes,  sekolah gratis untuk warga,  mulai dari tingkat SD SMP SMA,”jelasnya.

Dilanjutkan kata Lili, program bedah rumah, santunan kematian, dan penyediaan sarana air bersih, meningkatkan honor guru ngaji. Dan juga akan membuka  paket bengkel karang taruna, serta melanjutkan pembagian raskin gratis.

“Kepala Desa sangat menentukan sukses tidaknya atau maju mundurnya desa yang dipimpin. Oleh karena itu dalam menjalankan kepemimpinan,  kepala desa dituntut untuk lebih visioner , kreatif dan inovatif,”tegasnya.

Terakhir menurutnya,  Ia akan berupaya terus meningkatkan kapasitas masyarakat dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan harapan tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah .

“Sehingga dalam mengelola pembangunan di desa, harus berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai dengan rencana dan ketentuan yang telah ditetapkan. Dana desa yang begitu besar harus digunakan untuk kemakmuran masyarakat dengan mengacu pada  skala prioritas sesuai dengan peraturan yang menjadi petunjuk dalam melaksanakan tugas,”imbuhnya.

Anggaran Pilkades Rp.1,48 Milyar

Seperti diketahui, Pemkab Subang menyiapkan anggaran Rp1,48 milyar, untuk pelaksanaan Pilkades Serentak 2017 di 23 Desa di 14 Kecamatan se-Kabupaten Subang yang dijadwalkan pada tanggal 10 Desember 2017 mendatang.

Anggaran sebesar itu diungkapkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Subang, Dadan Dwiyana, untuk mendanai tahapan Pilkades Serentak di 23 Desa, mulai dari tahapan awal sampai dengan tahapan akhir Pilkades Serentak tersebut.

“Secara porposional anggaran sebesar Rp 1,48 milyar itu, sesuai dengan pengajuan awal, yang berdasarkan jumlah hak pilih potensial di masing-masing Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak2017,” ujar Dadan.

Desa yang melaksanakan Pilkades Serentaka 2017, yang jumlah pemilih potensialnya paling sedikit kata Dadan, berhak mendapatkan anggaran sebedar Rp46 juta, sedangkan yang jumlah pemilihnya paling banyak mendapatkan Rp93 juta.

“Jumlah anggaran untuk pelaksanaan Pilkades Serentak 2017, yang rata-rata Rp46 juta sampai dengan Rp93 juta itu, berdasarkan penghitungan anggaran, dengan metode Rp8.000 per-hak pilih potensial, ditambah dengan Rp25 juta per-Desa,” tandasnya. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Ketua Apdesi Subang H Lili Rusnali saat acara deklarasi damai Minggu (20/11), penetapan nomor urut pilkades di Kantor Desa Tegalurung,  Kecamatan Legonkulon, Subang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News

Terbaru