Connect with us

Headline

Kades Tanjungwangi Pertanyakan Kelanjutan Cold Storage yang Habiskan Miliaran Rupiah

Published

on

Foto : Cold Storage di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cijambe Subang (Pikiranrakyat).

SUBANG,Lampusatu.com – Soal status tempat penyimpanan ikan (cold storage) yang berada di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe Subang sampai saat ini belum tahu kejelasannya. Padahal tak tanggung-tanggung, anggaran pembangunan cold storage yang dikucurkan melalui angggaran APBN dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut mencapai Rp.5,3 Miliar yang mulai dibangun sejak bulan September 2018 lalu.

Kepala Desa Tanjungwangi Budi  Santoso, SE mengungkapkan pihaknya belum tahu soal kejelasan pembangunan cold storage tersebut. Padahal, harusnya pembangunan tempat pendinginan ikan ini dapat segera difungsikan sebagaimana yang direncanakan sebelumnya. “Sejak awal pembangunan  cold storage tersebut jujur kami (Pemdes Tanjungwangi) tidak dilibatkan sama sekali. Hanya sebatas mengetahui saja,”ungkap Budi kepada Lampusatu.com , Kamis (7/11/2019) saat dihubungi via telepon.

Baca juga  Usai Libur Lebaran, Wisatawan Tinggalkan Tumpukan Sampah yang Cemari Laut Patimban

Untuk itu, Budi dengan tegas  mempertanyakan ke Dinas terkait, soal kejelasan dan fungsi pembangunan cold storage tersebut. “Yang paling penting bahwa adanya cold storage itu bisa bermanfaat untuk warga sekitar desa tanjungwangi terutama yang memiliki usaha kolam ikan air tawar, apalagi Pemdes Tanjungwangi telah memiliki program kerjasama dengan Yayasan Globalisasi Saemaul Undong untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) masyarakat Desa dalam memberdayakan perekonomian masyarakat, salah satunya pembuatan pakan ikan,”jelasnya.

Baca juga  Riung Mumpulung Diwarnai Aksi Unjuk Rasa HMI Cabang Subang

Tercatat kata Budi, kalau sampai saat ini warga desa tanjungwangi yang memiliki kolam ikan air tawar sebanyak 100 kolam. Dan bisa memanen dengan variasai waktu dua atau tiga bulan sebanyak 5 – 10 ton ikan.

“Jadi adanya cold storage itu akan sangat membantu  warga desa tanjungwangi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,”pungkasnya.

 

Baca juga  Ikuti Ujian, Menteri Susi Pudjiastuti Dapatkan Ijazah Paket C

 

Galih Andika

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *