Kadis LH Rona Ungkap Kendala Dalam Penanganan Sampah di Subang

26

SUBANG,Lampusatu.com -Berbagai upaya pun telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Subang untuk mengatasi darurat sampah .

Dari mulai penyiapan lahan pemindahan TPA Panembong yang sudah over kapasitas ke TPA Jalupang, menambah anggaran, dan penambahan unit truk angkut sampah .

Seperti yang diketahui, dari 45 unit armada truk sampah yang dimiliki DLH Subang, hanya 29 unit yang masih bekerja ekstra mengangkut sampah. 11 unit dilelang, 3 unit lagi rusak berat.

Baca juga  Jelang Pemilu, Dandim 0605 Subang Tegaskan Prajurit TNI Menjaga Netralitas

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang, Rona Mairansyah pun tak menampik bahwa beberapa kendala dalam penanganan sampah saat ini diantaranya yaitu keterbatasan alat sehingga pemindahan sampah dilakukan secara manual yang bisa menghabiskan waktu 3-4 jam untuk 1 truk.

“Masalah selanjutnya yaitu jalan cimayasari yang penggunaannya dibatasi sampai jam 4 sore . Meskipun bisa lewat melalui jalan lain, tapi memerlukan jarak tempuh lebih jauh, yaitu selama 2 jam,”keluhnya saat haering bersama Komisi III DPRD Subang bersama Sekda Subang, Asep Nuroni di Gedung DPRD Subang, Kamis (3/6/2021).

Baca juga  Pipa Pertamina Bocor Munculkan Bau Tak Sedap

Rona pun menyampaikan bahwa beberapa solusi lain diantaranya adalah perbaikan akses jalan menuju TPA serta untuk 1 TPS di setiap desa agar dihadirkannya alat inselinator.

” Alat tersebut bisa meminimalisir polusi, sehingga permasalahan sampah sudah diselesaikan di desa masing-masing,”terangnya.

Rona juga menyampaikan, bahwa permasalahan sampah ini bukan hanya masalah pemerintah saja melainkan masalah kita bersama.

Baca juga  Maradona Meninggal Dunia karena Henti Jantung

” Tugas masyarakat mengurangi sampah rumah tangga agar berkesinambungan dengan tugas pemerintah mengangkut sampah ke TPA,”tegasnya.

 

 

Ovan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini