Connect with us

Daerah

Kadishub Subang, Rona : Rencana Trase Rel Kereta Api untuk Pelabuhan Patimban Jangan Menganggu Jalur Pantura

Published

on

Kadishub Subang Rona Mairansyah meninjau lokasi rencana Pembangunan Pelabuhan Patimban di Kecamatan Pusakanagara beberapa waktu lalu.

SUBANG,Lampusatu.com,- Rencana pembangunan pelabuhan Internasional akan segera dimulai di akhir bulan maret 2018 mendatang,  segala fasilitas penunjang pelabuhan termasuk infrastruktur akan segera di laksanakan. Tak terkecuali, lintasan kereta api dari Pelabuhan Patimban menuju Stasiun Kereta Api Pagaden baru  Subang yang diperkirakan sepanjang 27 Km.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Subang Rona Mairansyah,  penetapan trase rel kereta api dari pelabuhan patimban menuju stasiun pagaden baru tersebut tetap harus mempertimbangkan sejumlah faktor, terutama mengenai lalu lintas yang berada di wilayah Subang.

Menurutnya,  jalur kereta yang diperkirakan sepanjang 27 Km ini akan membelah jalur pantura. Yang notabene, jalan pantura adalah akses jalur aktif dan jalan nasional yang setiap harinya dilalui banyak kendaraan.

“Untuk itu jangan sampai jalur kereta yang dibuat akan menganggu jalur pantura,  karena itu malah menambah masalah baru bagi Kab.Subang karena nantinya akan menimbulkan kemacetan yang sangat panjang di jalur ini,”kata Rona kepada redaksi Lampusatu.com beberapa hari lalu.

Menyikapi hal tersebut, Rona mengaku tak mau tinggal diam. Di dalam media rapat di Kementrian Perhubungan dan lintas sektoral lainnya selalu tegas menyampaikan usulan mengenai  secara spesifik teritorial Subang.

“Solusinya,  bagi kami lintasan kereta api itu ada trase tersendiri khususnya di buat trek flyover. Berbicara biaya yang dibutuhkan,  itu kewenangan dan tanggung jawab pusat. Yang terpenting,  akses jalan pantura kami jangan sampai terganggu,”tegasnya.

Sementara ditempat yang berbeda,  Kepala Badan Perencanaan pengembangan dan penelitian Pembangunan Daerah Kabupaten Subang Sumasna, menuturkan, informasi terakhir dari kemenhub sudah mengumpulkan camat dan kades. Mereka membahas sekaligus menentukan lintasan kereta. Tapi waktu pembangunan kontruksi pihaknya pun masih menunggu informasi lebih lanjut.

“Yang pasti tahapan yang ditempuh terus bergerak. Malahan mereka sudah masuk ke tahapan penetapan trase, tetapi kami belum mengetahui persis arah bentangannya kemana. Jadi  nantinya akan ada akses kereta menghubungkan Pelabuhan Internasional Patimban ke stasiun kereta di Pagaden,”pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News

Terbaru