Connect with us

Headline

Kasatres Narkoba Polres Purwakarta Sebut Enggan Berpolemik Kurir Ganja yang Divonis Bebas

Published

on

Foto : Kasat Reserse Narkoba Polres Purwakarta AKP Heri Nurcahyo

PURWAKARTA,Lampusatu.com,- Kurir Ganja seberat 28,8 kilogram yang divonis bebas, yang diputuskan7 PN Purwakarta terhadap terdakwa kurir narkoba berinisial JM. Kasat Reserse Narkoba Polres Purwakarta AKP Heri Nurcahyo enggan berpolemik.

Menurutnya, semua pihak wajib menghormati setiap putusan hakim.

“Ketika putusan hakim telah dikeluarkan, sementara jaksa penuntut tidak sependapat atau tidak menerima putusan tersebut, maka ada proses selanjutnya yaitu jaksa melakukan langkah hukum selanjutnya, banding atau kasasi,” ujar Heri, saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (31/7/2018).

Pihaknya telah mempercayakan semua proses kepada intansi yang memproses dari penangkapan, penyitaan, hingga proses BAP, yakni Polri. Kemudian, ketika BAP sudah dinyatakan lengkap oleh JPU, maka JPU berkewajiban membuat tuntutan. Termasuk menghadirkan saksi-saksi, bukti-bukti dan tersangka di persidangan.

Dipersidangan itulah, tambah Heri, jaksa berkewajiban membuka fakta-fakta dan bukti-bukti di depan hakim serta membangun keyakinan hakim.

“Dalam persidangan itu pula hakim memutuskan suatu perkara dengan bukti-bukti, serta keterangan saksi dan terdakwa serta fakta-fakta yang dibangun oleh JPU. Karena itu setiap warga negara wajib menghormati semua keputusan hakim. Jadi tidak perlu kita berpolemik dengan putusan tersebut. Percayakan kepada proses perkara ini,” kata Heri.

 

 

Wartawan : Alif