KNPI Jabar Kunjungi Rumah Sentra Pembuatan Golok Barlen di Tanjungsiang Subang, Ini yang Dibahas !

SUBANG,Lampusatu.com – Jajaran pengurus Komite Nasional Indonesia (KNPI) Provinsi Jawa Barat berkunjung ke rumah sentra pembuatan golok atau bedog barlen yang berada di Kampung Cibeureum, Desa Tanjungsiang, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (4/10/2020) sore.

Dalam kunjungannya silaturahmi tersebut, para petinggi KNPI Jabar yang diwakili Sekjen KNPI Jabar H.Asep Komarudin, Wakil Ketua KNPI Jabar Amir Hamjah, dan pengurus lainnya berencana akan menggelar rangkaian kegiatan dalam waktu dekat ini di Kampung Cibereum.

Taufik atau akrab disapa kang Ofick selaku founder golok barlen Subang mengungkapkan, bahwa kedatangan pengurus KNPI Jabar saat ini selain bersilaturahmi juga membahas rencana pelaksanaan kegiatan berupa peresmian dan lunching kampung pemuda Enterpreneurship binaan KNPI Jabar.

Baca juga  Jauh Sebelum Wabah Corona, Pemkab Subang Sudah Siapkan Lahan Pemakaman 20 Hektar Milik PTPN

Dalam acara tersebut, bakal diisi juga pameran produk kearifan lokal (golok , seeng, kasur, kriya, craft, serta galeri potensi Wisata dan Sumberdaya alam lain nya.

Baca juga  Belasan Pelajar Subang yang Bolos Sekolah Diamankan Polisi

Kemudian pembukaan pelatihan pemuda enterpreneruship bagi pemuda dan pemudi di pedesaan berbasis informasi dan teknologi. Dan Napak tilas atau ziarah Ke makam KH. Muhyidin di Pesantren Pagelaran 1 yang rencananya akan diikuti bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Subang.

Baca juga  Kodim 0605 Subang Gelar Tes Urine Kepada Anggota Secara Acak

“Kunjungan KNPI Jabar ini adalah sebuah kehormatan bagi kami (Pemuda Kampung Cibereum). Semoga nanti acaranya berjalan lancar,”ujarnya didampingi Sekmat Tanjungsiang Subang, Agus yang ikut menyambut kedatangan jajaran pengurus KNPI Jabar ini.

Istimewa

Ofick pun mengungkapkan alasan KNPI Jabar memilih kampung Cibereum sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

“Salah satunya bahwa golok barlen tanjungsiang ini memiliki kaitannya dengan sosok pejuang yang kini namanya diusulkan sebagai pahlawan
KH. Muhyidin di Pesantren Pagelaran 1,”imbuhnya.

“Jadi tujuan kegiatan itu menjadikan khususnya Cibeuruem Tanjungsiang Subang sebagai pusat Wisata industri yang dimotori oleh para pemuda di era Globalisasi Tegnology Digital. Insyallah pelaksanaan tanggal 16 November 2020. Dibuka oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil,”terangnya.

Baca juga  Kapolsek Cipeundeuy Buka Turnamen Bola Voli Asaba Cup di Desa Sawangan
Baca juga  Ini Cara Istri Bupati Subang Lakukan Trauma Healing ke Anak-anak Korban Terdampak Banjir di Pantura

Seperti diketahui, golok barlen ini adalah golok asli warga Tanjungsiang Subang yang dikabarkan telah diproduksi sejak ratusan tahun lalu hingga turun temurun hingga saat ini.

Nama golok barlen ini semakin dikenal dikancah internasional setelah adanya acara pemecahan rekor dunia golok terpanjang 27 September 2017 lalu. Rekor tersebut dicatatkan di Original Record Indonesia (ORI) sebagai golok terpanjang di dunia, dengan panjang golok 13.1 meter.

Galih Andika

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini