Connect with us

Headline

Koramil 0501 Subang Ajak Warga Normalisasi Sungai dan Buat Tanggul

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Koramil 0501/Subang Kamis pagi (23/11), mengajak warga di Komplek perumahan Surya Cigadung untuk kerja bakti menormalisasi sungai kurang lebih 100 Meter yang menyumbat aluran sungai cigadung, di Kelurahan Cigadung,  Kecamatan Subang.

Setelah kemarin sore (22/11), hujan deras membuat tanggul jebol yang tak lama menguap dan menerjang komplek perumahan surya cigadung. 

Kerja bakti inipun dipimpin langsung Danramil 0501/Subang Kapten Inf Supriatna , dihadiri juga Kepala DPKPB Subang H Hidayat. Dibantu oleh tim gabungan TNI dari jajaran Kodim 0605 Subang,  Polres Subang,  DPKPB Subang,  dan warga komplek perumahan surya cigadung.

Upaya yang dilakukan pada kerja bakti kali ini,  selain normalisasi sungai dari tumpukan sampah juga membuat tanggul pembatas untuk mencegah masuknya air ke pemukiman warga.

“Ya hari ini kami (Koramil 0501/Subang) mengajak warga perumahan komplek Surya Cigadung untuk menormalisasi sungai cigadung. Untuk mengantisipasi terjadinya deras arus sungai, dan menguap lagi menerjang pemukiman  kami antisipasi  dengan membuat puluhan tanggul bekerjasama dengan DPKPB Subang, “ungkap Danramil 05/01/ Subang  Supriatna.

“Pada kerja bakti ini, kami ucapkan terimakasih kepada DPKPB Subang,  para anggota polri dari Polres Subang,  dan masyarakat komplek perumahan surya cigadung Subang yang turut bahu membahu pada proses normalisasi dan pembuatan tanggul ini, “jelasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas PKPB Kabupaten Subang, H.Hidayat , Ia cukup prihatin kejadian banjir yang menerjang  komplek perumahaan surya cigadung. Pasalnya,  banjir ini juga seakan rutin terjadi setiap tahunnya saat musim hujan tiba.

“Untuk itu ini merupakan tugas bersama untuk mencari solusi agar pencegahan banjir dari jebolnya tanggul di komplek perumahan surya cigadung ini bisa terselesaikan. Saya mengajak warga agar menjaga kebersihan,  dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi dibuang ke sungai. Yang pada akhirnya akan menjadi malapetaka bagi warga yang dekat bantaran sungai juga, “kata Hidayat.

Nampak tim gabungan dari TNI/Polri, DPKPB, dan warga bahu membahu dengan diawali memungut dan mengeruk sampah sampai membuat tanggul.  (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Koramil 0501/Subang ajak warga komplek perumahan surya cigadung normalisasi sungai dan membuat tanggul Kamis (23/11).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *