Connect with us

Headline

KPU Purwakarta : Silon Masih Jadi Kendala Pendaftaraan Bacaleg

Published

on

Foto : Di Kabupaten Purwakarta Sistem Informasi Pencalonan (Silon) masih menjadi kendala dalam pendaftaran bacaleg.

PURWAKARTA,Lampusatu.com,– Di Kabupaten Purwakarta Sistem Informasi Pencalonan (Silon) masih menjadi kendala dalam pendaftaran bacaleg.

“Hingga hari terakhir masa pendaftaran 17 Juli 2018 lalu, belum semua parpol memasukan daftar bacalegnya ke sistem tersebut,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos, Kamis (19/7/2018).

Menurut dia, Panwaslu telah memantau langsung jalannya pendaftaran dari awal sampai akhir, pada pukul 24.00 wib, Selasa (17/7/2018).

Dari hasil pengawasan, selain hal diatas pihaknya mencatat beberapa hal dalam proses pendaftaran tersebut, diantaranya diketahui belum semua bacaleg yang didaftarkan parpol melengkapi syarat calon.

Baca juga  Waduh ! KPK Sita Uang Ratusan Juta dari Ruang Kerja Menag  

“Seperti ijazah yang belum dilegalisir, surat keterangan pendukung lain bagi mereka yang masih bekerja di lembaga atau intansi pemerintah. Kades misalnya, harusnya melampirkan surat pernyataan pengunduran diri dan keterangan dari atasan,” papar pria yang akarab disapa Binos.

Kemudian, pihaknya juga meminta KPU agar benar-benar cermat melakukan penelitian administrasi bacaleg.

“Agar pada masa perbaikan, hingga 31 Juli 2018 nanti, parpol dan bacaleg paham betul dokumen apa saja yang harus dilengkapi sebgai prasyarat penetapan daftar calon sementara (DCS),” katanya

Baca juga  Koramil 0501 Subang Ajak Warga Normalisasi Sungai dan Buat Tanggul

Proses Pendaftaran Berkas Pencalonan Berjalan Lancar 15 parpol peserta Pemilu 2019 resmi mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk DPRD Purwakarta ke KPU setempat.

Kelimabelas parpol yang telah resmi mendaftarkan bacalegnya adalah; Berkarya, Nasdem, Gerindra, PKB, PAN, PKS, Hanura, PPP, Golkar, PDIP, Demokrat, Garuda, Perindo, PSI dan terakhir PBB. Untuk PKPI sebelumnya telah dikonfirmasi tidak akan mendaftarkan bacaleg untuk DPRD Purwakarta.

Sementara, Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana, mengatakan proses pendaftaran berjalan lancar, aman dan kondusif, pihaknya apresiasi kepada seluruh perwakilan parpol. Semua syarat pencalonan kelimabelas parpol tersebut telah terpenuhi, dan diterima oleh KPU.

Baca juga  Ribuan Warga Subang Asik Berolahraga di Jogging Track Alun-alun Subang

“Selanjutnya kita melangkah ke tahapan verifikasi sampai tanggal 19 Juli 2018 terhadap syarat calon bagi bacaleg yang diajukan parpol terkait, tim sudah mulai bekerja,” ujar Ramlan.

Jika pada proses verifikasi ditemukan kekurangan syarat calon.

“Parpol diminta segera melakukanperbaikan dan melengkapi kekurangan,” pungkas Ramlan.

 

Wartawan : Alif