Connect with us

Headline

Mahasiswa Berunjukrasa, Tolak RUU KUHP dan UU KPK yang Baru Disahkan

Published

on

Foto : Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus menggelar demonstrasi di gedung DPR/MPR. Mereka menyatakan menolak RUU KUHP dan UU KPK yang baru disahkan.

JAKARTA,Lampusatu.com –Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus menggelar demonstrasi di gedung DPR/MPR. Mereka menyatakan menolak RUU KUHP dan UU KPK yang baru disahkan.

Pantauan detikcom, Kamis (19/9/2019), mahasiswa berkumpul di depan gerbang DPR/MPR di Jl Gatot Subroto, Jakarta. Tampak dari mereka membawa sejumlah spanduk serta poster yang berisi penolakan terhadap RKUHP dan UU KPK.

“Jadi yang pertama kita sangat-sangat menyayangkan permasalahan-permasalahan yang terjadi belakangan ini. Mulai dari korupsi sampai dengan demokrasi di Indonesia yang makin lama makin terancam. Karena dari revisi Undang-Undang KPK-nya saja itu tidak pro pada upaya pemberantasan korupsi yang justru malah disahkan,” kata Ketua BEM UI Manik Marganamahendra di lokasi.

Baca juga  Marhaban Ya Ramadhan! Bergembira Sambut Ramadhan, Bulan Penuh Ampunan dan Keberkahan

“Kedua, adanya wacana untuk akhirnya mengesahkan RKUHP padahal juga pasal-pasal di dalamnya juga masih ngawur, banyak yang masih bermasalah. Mulai dari permasalahan korupsi itu sendiri kemudian masalah demokrasi yang paling kita highlight. Dua hal tersebut akhirnya justru malah membuat mosi tidak percaya kita kepada negara,” sambungnya.

Baca juga: Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya

Baca juga  Polres Subang dan Kodim 0605 Subang Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya

Di antara massa, ada yang membawa sebuah spanduk putih berukuran sekitar 3×3 meter. Di atas spanduk tersebut tertulis ‘Gedung Ini Disita Mahasiswa’. Spanduk tersebut lalu dipasangkan di pagar gedung DPR/MPR.

Pantauan di lokasi, demo berjalan kondusif. Petugas kepolisian menjaga jalannya demo. Lalu lintas di sekitar lokasi terpantau ramai lancar.

Setelah berdemo di DPR, massa berencana bergeser ke depan Istana Negara. Mereka akan bergabung dalam aksi Kamisan yang digelar tiap Kamis oleh para keluarga aktivis korban pelanggaran HAM yang menuntut keadilan.

Baca juga  Kompol Hidayatullah Resmi Jabat Wakapolres Majalengka yang Baru

 

Sumber : detik.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *