Masa Pandemi, RK Minta PNS Jabar Jangan Banyak Menabung

BANDUNG,Lampusatu.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melarang aparatur sipil negara (ASN) atau PNS di Jawa Barat banyak menabung uang mereka selama pandemi covid-19. Ia meminta para abdi negara untuk membelanjakan uang mereka.

Kang Emil, sapaan akrabnya, menyebut uang yang dibelanjakan para PNS itu bisa menggerakkan ekonomi di masyarakat. Hal itu perlu digiatkan merespons ekonomi yang terpukul karena pandemi covid-19.

Baca juga  Rest Area KM 102 Padat, Pemudik Parkirkan Kendaraannya di Bahu Jalan Tol

“Saya perintahkan ASN segera belanja, jangan banyak ditabung dulu. Tugas pemerintah yang dananya lancar, menggunakan penghasilan sebanyak-banyaknya di daerah masing-masing,” tutur Ridwan Kamil pada penganugerahan CNBC Indonesia Awards di Jakarta, Jumat (23/10).

Mantan wali kota Bandung itu berpendapat ada empat cara menyelamatkan ekonomi Indonesia dari krisis pandemi covid-19. Yakni, pertama, meningkatkan investasi, dan kedua, meningkatkan ekspor.

Baca juga  Diprotes Kang Emil, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol JKT-BDG

Ridwan Kamil merasa bersyukur Jabar menorehkan prestasi di saat pandemi. Investasi di Jabar pada semester I mencapai Rp60 triliun, sedangkan ekspor mencapai Rp150 triliun.

Ketiga, belanja pemerintah yang jor-joran untuk meningkatkan peredaran uang. Lalu meningkatkan daya beli masyarakat. Jabar pun melakukan dua program besar untuk menggerakkan ekonomi di masyarakat.

“Untuk menengah ke bawah ada subsidi dan bansos tunai. Sehingga, terjadi pergerakan dana bansos dan menggerakkan ekonomi lokal. Menengah atas tidak belanja karena menabung, kita kampanyekan agar mereka spending,” tandasnya.

Baca juga  Presiden Jokowi Hadiri Puncak Peringatan HPN 2019

Sumber : CNNIndonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini