Connect with us

Headline

Melalui Lokakarya dan Festival Desa, B4PD Konsen Pada Penanggulanan Kemiskinan

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Pemerintah Kabupaten Subang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) menyelenggarakan lokakarya kemitraan dan festival Desa Rabu (6/12), di Kampung Nangkod Desa Kawung Luwuk, Kecamatan Tanjungsiang, Subang.

Kegiatan yang dilaksanakan satu hari ini dalam rangka hari pemberdayaan masyarakat menuju Subang Motekar. Mempublikasikan hasil-hasil kegiatan peningkatan akses dan kualitas pelayanan sosial dasar bidang pendidikan dan kesehatan dalam rangka penanggulangan kemiskinan.

Diungkapkan Kepala BP4D H Sumasna, kegiatan ini merupakan percepatan penanggulangan kemiskinanan sesuai dasar kegiatan yaitu perpres 15 tahun 2010 keputusan Mentri serta regulasi lainnya.

“Ini juga untuk meningkatkan sosialisasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya generasi yang sehat dan cerdas dimasyarakat serta dalam rangka penanggulangan kemiskinan,” kata Sumasna kepada wartawan disela-sela acara.

Peserta lokakarya ini berasal dari organisasi perangkat daerah perwakilan Kecamatan, Kepala. Desa,  pendamping lokal, para kader, Pengelola paud, dan lainya.

Melalui kegiatan ini juga kata Sumasna,  untuk membangun jejaring kemitraan dalam mendukung prioritas daerah dalam memenuhi kebutuhan disegala bidang.

“Lokakarya ini, diisi beberapa kegiatan diantaranya paduan suara ibu Kades, kreasi seni anak ABK, bazaar, dialog interaktif, penandatanganan kesepakatan kepala desa se-Kecamatan Tanjungsiang, pembagian penghargaan kepala desa dan lainnya,”jelasnya.

Sementara Bupati Subang Hj Imas Aryumingsih menuturkan dalam upaya penanggulangan kemiskinan di daerah salah satunya dapat dilakukan melalui kreativitas masyarakat itu sendiri. Misal,  pembuatan sejumlah produk hasil olahan sendiri kemudian dikemas semenarik mungkin agar memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk dijual bukan hanya didalam melainkan luar kota Subang.

“Untuk itu cintai dan bangga terhadap produk kita sendiri.  Melalui produk unggulan yang dimiliki setiap daerah, dengan sendirinya akan terjadi percepatan ekonomi ditengah-tengah masyarakat,”terangnya.

Pada kesempatan itu juga telah dihadirkan 4 narasumber yang menjadi pembicara yaitu Kepala BP4D sebagai sekretaris TKPKD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Dispemdes, dan Kepala Dinas Pendidikan sebagai anggota TKPKD.

Pada kesempatan ini juga Bupati Subang memberikan sejumlah  penghargaan  kategori berupa desa peduli PSD kepada 3 desa dilihat total persentase dana desa dan realisasinya dan para juara cerdas cermat kader posyandu se-Kecamatan Tanjungsiang. (Rlz/R1/16)***

Ket.Gambar : Saat Bupati Subang Hj Imas Aryumingsih didampingi Kepala BP4D Subang Sumasna menyambangi semua stand bazzar di Festival Desa,  Rabu (6/12), Kampung Nangkod Desa Kawung Luwuk, Kecamatan Tanjungsiang, Subang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *