Melalui Pesta Pernikahan, Warga Kalijati Kenalkan Gotong Sisingaan

SUBANG, Lampungsatu.com,- Upaya melestarikan budaya dan tradisi disuatu daerah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya,  melestarikan gotong sisingaan yang menjadi ciri khas kota Subang dari gempuran tren sisingaan bentuk mamanukan (Burung)  rajawali

Warga di Kp. Dayacipta RT/RW 25/06 Ds. Tanggulun Barat, Kec.Kalijati, Kab. Subang, mulai mengenalkannya lagi kepada masyarakat. Terutama sasarannya kepada mereka anak-anak agar mengetahui ikon budaya yang dimilikinya.

Baca juga  Tangani Empat PDP, RSUD Subang : Kondisi Pasien Mulai Membaik

Cara warga mengenalkan,  dengan menjadikannya tradisi bagi para pengantin baru sebelum akad nikah berlangsung, kedua pengantin wajib naik sisingaan diarak diseputar rumahnya.

“Alhamdulillah Budaya asli Kota Subang di Mumulekeun deui (Lestarikan lagi) disetiap acara pernikahan di Ds Tangulun Barat Sangat senang adanya budaya Asli subang yg sudah redup, kini masyarakat bisa menikmati nya lagi, ” kata salah satu Tokoh masyarakat  Fuji (45).

Baca juga  Cegah Peredaran Narkoba ke Ponpes, Satresnarkoba Polres Subang Gencar Sosialisasikan P4GN
Baca juga  Gotong Royong Bersihkan Tumpukan Sampah di Pinggir Jalan Desa Sarireja

“Budaya sisingaan merupakan ikon Subang,  sebuah simbol perjuangaan bagi warga Subang yang ikut serta melawan para penjajah dizaman kolonial belanda dan inggris, ” terangnya.

Seperti diketahui,  budaya gotong sisingaan ini beberapa tahun terakhir menjadi perbincangan hangat para budayawan dan seniman Subang. Ada kekhawatiran,  budaya asli Subang ini tergerus oleh ikon baru mamanukan yang memunculkan ikon cirebonan dan indramayu. (Iwan Dmb/R1/16)***

Baca juga  Bupati Subang Resmikan Aula Pamungkas Kodim 0605

Ket.Gambar : Pagelaran gotong sisingaan di acara pengantin di Kp. Dayacipta RT/RW 25/06 Ds. Tanggulun Barat, Kec.Kalijati, Kab. Subang.

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini