Connect with us

Headline

Menag : Lebaran Tahun 2020 Jatuh Pada Minggu 24 Mei 2020

Published

on

Foto : Ilustrasi.

Lampusatu.com – Pemerintah memutuskan Hari Raya Idulfitri 1441H/2020M atau 1 Syawal 1440H jatuh pada Minggu (24/5/2020). Keputusan itu disampaikan Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi dalam keterangan pers seusai sidang isbat yang diselenggarakan, Jumat (22/5/2020).

“Sidang isbat secara bulat menyatakan bahwa 1 Syawal 1441H jatuh pada Ahad/Minggu 24 Mei 2020,” katanya.

Menurut Fachrul, sidang menyepakati keputusan tersebut karena dua hal.

“Pertama, kita telah mendengar paparan Tim Falakiyah Kemenag yang menyatakan tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk, yaitu berkisar dari minus 5,29 sampai dengan minus 3,96 derajat,” ujarnya.

Baca juga  Update, Total Pasien Positif Corona di Indonesia Sebanyak 514 Orang

Dengan posisi demikian, maka hilal tidak dimungkinkan untuk dilihat. Hal ini selanjutnya terkonfirmasi oleh pernyataan para perukyah yang diturunkan Kemenag. Pada tahun ini, rukyah dilaksanakan Kemenag pada 80 titik di Indonesia.

“Kita mendengar laporan dari sejumlah perukyah hilal bekerja di bawah sumpah, terdiri dari provinsi Aceh hingga Papua. Di 80 titik tersebut, tidak ada satu pun perukyah dapat melihat hilal,” ujar kata Fachrul.

Baca juga  Polres Subang Gelar Sholat Ghaib dan Doa Bersama untuk Korban Bencana di Sulteng

Karena dua alasan tersebut, Sidang Isbat menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Ramadan menjadi 30 hari sehingga tanggal 1 Syawal 1441H jatuh pada hari Minggu (24/5/2020).

Lebih lanjut, Fachrul berharap, seluruh umat Islam akan berhari raya Idulfitri secara bersama-sama.

“Semoga ini adalah simbol kebersamaan umat Islam,” ujarnya.

Berbeda dengan tahun lalu, Sidang Isbat Awal Syawal 1441H/2020M hanya dihadiri secara fisik oleh Menag, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, dan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin.

Baca juga  Rupiah Melemah Tembus 15.000 , Produsen Amplop Pailit

Sementara para pimpinan ormas, pakar astronomi, Badan Peradilan Agama, serta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama lainnya mengikuti jalannya sidang isbat melalui media konferensi video.

Sumber : CNBCIndonesia