Menko Perekonomian Evaluasi PPKM Berbasis Mikro di Kabupaten Subang

15

SUBANG,Lampusatu.com – Pemerintah Kabupaten Subang melalui Kaban BP4D Hari Rubiyanto menerima kunjungan perwakilan Menko Perekonomian terkait Monitoring implementasi PPKM berbasis Mikro serta strategi pengembangan ketahanan kebencanaan di Kabupaten Subang pasca bencana banjir dan longsor di Ruang Rapat Bupati II, Selasa (9/3/2021).

Dalam Kunjungannya Kepala bidang ketahanan kebencanaan dan pemanfaatan teknologi, Kusti Erawati melaksanakan diskusi terkait pelaksanaan, penegakan aturan, sasaran program serta evaluasi PPKM berbasis Mikro di Kabupaten Subang. Adapun dalam pertemuan tersebut dibahas pula terkait refocusing anggaran dalam rangka penganggulangan covid 19 di tingkat daerah.

Baca juga  Cegah Penyebaran Virus Corona, DAHANA Bentuk Satgas Internal

Sementara itu Kadinkes Subang dr. Maxi SH, M.Hkes memaparkan laporan terkait penanganan covid 19 dan pelaksanaan PPKM skala Mikro di wilayah Subang salah satunya tentang penanganan isolasi mandiri dalam skala kecil hingga tingkat RT. Menurut dr. Maxi PPKM Mikro lebih efektif dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran covid karena selain ruang lingkup nya kecil dan sasaran jelas.

Baca juga  Ketua MPR RI, Zulkifli : Isi dari Empat Pilar Kebangsaan Perlu di Amalkan Sehari-hari

Kaban BP4D Hari Rubiyanto memaparkan berbagai upaya yang dilaksanakan pemerintah daerah terkait penanganan bencana di Kabupaten Subang, diantaranya adalah memetakan lokasi terdampak, rekontruksi, rehabilitasi, investigasi serta rencana penanganan jangka panjang yang dalam kesimpulannya menyatakan bahwa untuk menanggulangi bencana tidak bisa hanya dilakukan oleh pemkab Subang semata melainkan perlu bantuan dan campur tangan pemprov hingga pemerintah pusat.

Baca juga  Satres Narkoba Polres Purwakarta Sosialisasikan Bahaya Narkoba kepada Warga Kecamatan Plered

Hari pun menyampaikan berdasarkan arahan bupati bahwa pencegahan banjir tahunan di kawasan pantura, harus menjadi perhatian pemerintah pusat karena hal ini dapat mengancam keberadaan pelabuhan Patimban sebagai Proyek Strategis Nasional. Dalam kesempatan tersebut pihaknya menyampaikan draft usulan Bupati kepada Kemenko Perekonomian RI terkait penanganan kebencanaan di wilayah Kabupaten Subang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Bupati, kadinkes, perwakilan BPBD, Satpoldam serta dinas terkait lainnya.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini