Connect with us

Headline

Pagelaran Wayang Golek Wawan Dede Amung Sunarya Meriahkan Hut ke-71 Subang

Published

on

Foto : Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si menyerahkan gugunungan kepada dalang Wawan Dede Amung sebagai simbol segera dimulainya pagelaran wayang golek.

SUBANG,Lampusatu.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-71 Kabupaten Subang, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menyediakan hiburan rakyat berupa pagelaran wayang golek dengan dalang Wawan Dede Amung Sunarya dari lingkung seni Munggul Pawenang Putra Bandung.

Pagelaran wayang golek tersebut dilaksanakan di halaman kantor Radio Benteng Pancasila (Benpas) FM Subang, Minggu (31/3/18).

Hadir pada kesempatan ini Bupati Subang H.Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, beberapa Forkopimda dan perwakilan, para kepala OPD dan tokoh masyarakat Subang.

Baca juga  Hari Ini Umat Muslim di Subang Laksanakan Sholat Idul Fitri

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Subang H. Ade Mulyawadi selaku ketua panitia menyampaikan bahwa pagelaran wayang golek tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut milangkala atau hari ulang tahun Kabupaten Subang yang ke-71.

Wayang golek merupakan salah satu kebudayaan asli sunda yang harus dilestarikan.

“Kita harus menjadi orang sunda yang sejati yang menjunjung budaya sebagai jati diri dan karakteristik yang patut dibanggakan,”ujarnya.

Di Kabupaten Subang untuk sekarang memiliki 11 dalang berbeda dengan tahun-tahun terdahulu yang disetiap kecamatan bahkan desa memiliki beberapa dalang.

Baca juga  Mobil Truk Kontainer Terguling di Depan Proyek Pabrik Susu, Jalan Kalijati Via Subang Sempat Macet

“Dari 11 dalang hanya 8 yang memiliki personil dan alat musik gamelan, maka dari itu wayang golek kita masyarakatkan lagi dan kita lestarikan sepaya seni tradisional wayang golek masih bisa lestari,”terangnya.

Pagelaran wayang golek merupakan salah satu kegiatan untuk selalu melestarikan kebudayaan daerah yaitu kebudayaan sunda.

Dengan semakin jarangnya kesenian wayang golek untuk ditampilkan dikhawatirkan akan tersisih oleh kebudayaan luar.

“Pagelaran wayang golek diharapkan bukan hanya sebagai tontonan akan tetapi menjadi tuntunan dari isi dan pesan-pesan yang baik dari cerita yang dibawakan dalam pagelaran wayang golek,”jelasnya.

Baca juga  Hari Pariwisata Dunia, Cibeureum Subang Raih 4 Rekor ORI

Ditambahkan Bupati Subang H.Ruhimat , dengan bertambahnya usia Kabupaten Subang yang saat ini menginjak usia ke-71 diharapkan Subang lebih maju menuju Subang Jawara yaitu Subang Jaya, Subang Istimewa dan Subang Sejahtera.

Sebelum pagelaran wayang golek dimainkan, pada kesempatan tersebut Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si menyerahkan gugunungan kepada dalang Wawan Dede Amung sebagai simbol segera dimulainya pagelaran wayang golek.

Red : Galih Andika

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *