Connect with us

Headline

Pangdam III Siliwangi Jadi Saksi Nikahan Masal di Acara Penutupan TMMD

Published

on

Foto : Dalam acara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102, secara istimewa Pangdam III Siliwangi  Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) dan Dandim 0605/Subang Letkol Inf Fikri Ferdian menjadi saksi pernikahan masal di lapang Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Subang, Rabu (8/8/2018).

SUBANG,Lampusatu.com,- Dalam acara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102, secara istimewa Pangdam III Siliwangi  Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) menjadi saksi pernikahan masal di lapang Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Subang, Rabu (8/8/2018).

Kedua pasangan sejoli yang beruntung itu merupakan warga masyarakat desa cirangkong kecamatan cijambe, Subang, bernama Dayat Hidayat  (48) dan Sarnah (45).

Tanpa ada kendala, proses ijab kabul pun berjalan lancar. Dan pengantin baru dinyatakan sah.

Sebelumnya, Pangdam III Siliwangi telah memimpin penutupan acara. Ia membacakan sambutan Kasad Jenderal TNI Mulyono, bahwa pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan Nasional Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran.

Salah satu titik fokus dari pembangunan nasional ini berupaya untuk mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara menyeluruh.

“Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke – 102 Tahun 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 7 Agustus 2018,”kata Pangdam.

Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan ketahanan Nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial.

“Pada TMMD ke – 102 Tahun 2018 ini dengan mengusung tema ” Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial “, sangatlah tepat dihadapkan dengan kondisi generasi muda saat ini yang semakin modern,”jelasnya.

Dia menjelaskan, kegiatan TMMD ke 102 ini melibatkan 50 Satgas TMMD di 50 Kabupaten/Kota, 57 Kecamatan dan 79 Desa dengan didukung oleh Pemda setempat terdiri Dinas Kesehatan, Pertanian, BKKBN, Sosial, Kehutanan, Pekerjaan Umum, Kejaksaan dan Kepolisian.

“Kegiatan yang telah dilaksanakan dengan sasaran fisik tentang infrastruktur jalan di desa – desa terpencil atau terisolir, bangun atau rehab rumah tidak layak huni, pengerasan dan betonisasi jalan, perbaiki rumah ibadah dan sekolah, pembangunan jembatan, pembuatan MCK, Pos Kamling dan penanaman pohon,”paparnya.

Sedangkan sasaran non fisik untuk menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu – isu disintegrasi Bangsa dan hal – hal yang mengarah kepada konflik sosial, selain itu melaksanakan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, ceramah agama, bahaya narkoba dan tentang paham – paham radikal, penyuluhan kesehatan dan program KB serta bimbingan cara bertani dan berternak modern.

Pada penutupan TMMD ke – 102 ini Kodim 0605/Subang dilaksanakan juga penerjunan oleh Satuan Elit TNI AU Paskhas yang menunjukkan kekompakan dalam berkoordinasi antar Satuan dijajaran TNI di wilayah Subang dan sekitarnya.

Hadir pada acara penutupan TMMD diantaranya Danrem 063/SGJ, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ormas, TNI dan Polri serta undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Pangdam III Siliwangi langsung berkunjung ke sejumlah lokasi pembangunan fisik oleh Satgas TMMD di Desa Cirangkong, mulai hasil dari renovasi rumah ibadah, rutilahu, pos kamling, dan pengerasan akses jalan penghubung dua desa.

Red : Galih Andika

Hot News

Terbaru