Connect with us

Headline

Pangdam III Siliwangi Sebut Pengerjaan Fisik Program TMMD di Subang Memuaskan

Published

on

Foto : Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) menyebut hasil dari pengerjaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 Kodim 0605/Subang secara umum dinilai telah memuaskan.

SUBANG,Lampusatu.com,-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) menyebut hasil dari pengerjaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 Kodim 0605/Subang secara umum dinilai telah memuaskan.

Hal tersebut dilihat salah satunya, Satuan Tugas (Satgas) TMMD yang berhasil menghubungkan akses jalan penghubung dua desa di wilayah Kecamatan Cijambe sepanjang 3,5 Kilometer yaitu desa Cirangkong dan desa cijambe yang sebelumnya terisolir.

“Melalui pembangunan fisik tersebut tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,”kata Pangdam III Siliwangi kepada awak media di sela-sela usai menutup program TMMD ke-102 di Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe Subang, Rabu (8/8/2018).

Lebih jauh Pangdam berharap kepada Pemerintah, agar fisik yang telah dibangun ini bisa dipelihara dengan baik.

“Bahkan saya inginkan bahwa kegiatan seperti ini bukan kegiatan diproyekan. Namun bisa di hibahkan ke kita , untuk digunakan secara swa kelola. Alasannya kita bisa memanfaatkan dari anggaran dan potensi yang ada,”terangnya.

“Melalui program TMMD ini , semoga manfaatnya terasakan langsung oleh banyak masyarakat,”tandasnya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan dengan sasaran fisik tentang infrastruktur jalan di desa terpencil atau terisolir, bangun atau rehab rumah tidak layak huni, pengerasan dan betonisasi jalan, perbaiki rumah ibadah dan sekolah, pembangunan jembatan, pembuatan MCK, Pos Kamling dan penanaman pohon.

Sedangkan sasaran non fisik untuk menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu – isu disintegrasi Bangsa dan hal – hal yang mengarah kepada konflik sosial, selain itu melaksanakan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, ceramah agama, bahaya narkoba dan tentang paham – paham radikal, penyuluhan kesehatan dan program KB serta bimbingan cara bertani dan berternak modern.

Hadir pada acara penutupan TMMD diantaranya Danrem 063/SGJ, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ormas, TNI dan Polri serta undangan lainnya.

 

 

Red : Galih Andika