Connect with us

Headline

Para Danramil dan Anggota Dibekali Ilmu Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga

Published

on

SUBANG,Lampusatu.com,- Para Danramil dan Babinsa di bawah komando Kodim 0605 Subang mengikuti kegiatan sosialisasi, yang dibekali dengan ilmu pengolahan /pemanfaatan sampah rumah tangga jenis organik dan anorganik oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Rumah Inspirasi Subang, Kamis (25/1/2018), di Aula Makodim Subang,  Jln.Mayjen Sutoyo, Subang.

Sebelumnya acara dibuka oleh Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian. Dandim berpesan, bahwa para Danramil dan babinsa yang notabene lebih dekat dengan masyarakat harus berusaha terus melakukan inovasi. Salah satunya dalam mengelola sampah rumahan, yang tadinya dibuang, namun saat ini harus bisa didaur ulang menjadi lebih bermanfaat. Baik di sulap menjadi produk kerajinan ataupun bisa bernilai ekonomis.

“Acara sosialisasi pemanfaatan sampah rumahan ini yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan didukung rumah Inspirasi Subang sangatlah bagus. Untuk itu saya meminta semua anggota agar menyimak betul apa yang disampaikan oleh pemateri dan bisa segera dipraktekan di masing-masing wilayah binaannya,”kata Dandim 0605 Subang dalam sambutannya dalam acara sosalisasi.

“Terlebih saat ini sudah ada contoh Bank sampah yang dibuat oleh rumah Inspirasi, mudah-mudahan para danramil memotori dibuatnya bank sampah lainnya dilingkungan binaan masing-masing. Kita gerakan lagi bank-bank sampah, “harapnya.

Masalah sampah ini lanjut Dandim,  menjadi prioritas. Kita kelola sampah mulai dari sampah rumah tangga psahkan mana yang organik dan anorganik.

“Setidaknya hari ini kita bisa membantu mengurangi beban pemerintah daerah.  Kita akan gandeng lembaga pecinta lingkungan. Lakukan mulai dari yang terlihat oleh kasat mata, kalau ada tempat pembuangan sampah yang tidak rapih. Kita aja masyarakat untuk merapihkannya,”paparnya.

“Laksanakan arahan dan perintah yg diberikan Komando atas berbuat terbaik tetap semagat berani jujur dan ikhlas,”pungkasnya.

Sementara itu, menurut salah satu pemateri,  anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kota Subang Brigadir Yogi yang juga bagian dari rumah inspirasi Subang.  Ia mengajak para babinsa untuk menciptakan bank sampah di masing-masing wilayah koramil. Dengan cara memanfaatkan sampah rumahan menjadi lebih bermanfaat.

Menurutnya,  sampah bila dikelola dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Selain lingkungan sehat dan bersih,  juga mampu memberikan penghasilan kepada masyarakat itu sendiri.

Karena tak sedikit, kata Yogi,  tukang rongsokan yang mengumpulkan sampah rongsokan yang berserakan bisa menjadi kaya. Hal ini tentunya harus menjadi contoh yang patut dituruti.

“Untuk itu, Ayo, dalam hal ini babinsa yang berada di wilayah binaannya masing-masing bisa mulai ikut mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan sampah perumahaan agar bisa lebih bermanfaat. Saat ini tinggal kembali ke pribadi kita,  mau atau tidak menjalankannya. Tidak ada istilah gengsi.

Menurut Kabid pengelolaan Sampah Yusuf selaku materi sosialisasi menjelaskan secara gamblang menenai dasar hukum dan tata kelola sampah di lingkup Kab.Subang . Sejauh ini data yang dimiliki ada, Subang memproduksi sampah tiap individu bisa 0,8 kg/hari,  kalau di kalikan jumlah penduduk di Subang angkanya sangat jelas cukup tinggi.

“Untuk itu kami berharap besar bisa bersinergis dengan jajaran Kodim untuk ikut serta menuntaskan persoalan sampah.  Kami datang  kesini untuk memberikan arahan, bagaimana pengelolaan ini ada organik dan anorganik. Yang organik bisa dijadikan Kompos. Sedangkan anorganik bisa didaur ulang lagi,”pungkasnya. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Saat sosialisasi ilmu pengolahan /pemanfaatan sampah rumah tangga jenis organik dan anorganik oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Rumah Inspirasi Subang, kepada para Danramil dan Babinsa,  Kamis (25/1/2018), di Aula Makodim Subang,  Jln.Mayjen Sutoyo, Subang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *