Connect with us

Headline

Pemkab Subang Teken MoU Dengan Lanud Suryadarma Soal  Pelestarian Cagar Budaya

Published

on

Foto : Penandatangan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Subang H.Ruhimat SP.d,MS.i dengan Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos., M.Scdi ruang Rapat Bupati Subang, Senin pagi (9/9/2019).

SUBANG,Lampusatu.com- Pemerintah Kabupaten Subang dengan Lanud Suryadarma baru saja melakukan penandatanganan MoU atau kerjasama dalam hal pelestarian cagar budaya khususnya Rumah sejarah Kalijati.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Subang H.Ruhimat SP.d,MS.i dengan Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos., M.Scdi ruang Rapat Bupati Subang, Senin pagi (9/9/2019).

Penandatangan ini pun turut disaksikan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Sekda Subang H.Aminudin, para pejabat OPD Subang, dan pejabat Lanud Suryadarma.

Baca juga  Asiknya Ngabuburit Olahraga Paralayang di Bukit Santiong Ciater Subang

Danlanud Suryadarma dalam sambutannya menyampaikan bahwa nota kesepakatan bersama antara TNI AU dalam hal ini Lanud Suryadarma dengan Pemda Subang tentang pelestarian kawasan cagar budaya, mengenai  rumah Sejarah Kalijati merupakan langkah progresif untuk melangkah ke tahapan selanjutnya.

“Nantinya rumah sejarah ini direnovasi, bukan dibongkar bangunannya secara fisik, namun tidak merubah bentuk bangunan sesuai aslinya. Sehingga originalitas masih terus tetap dijaga keasliannya. Pengembangan dari Rumah Sejarah adalah dengan melengkapi atau membuat modern fasilitas yang ada di rumah sejarah. Sehingga Rumah Sejarah menjadi sangat nyaman untuk dikunjungi,”ujar Danlanud.

Baca juga  Semarak Jalan Santai Pemkab Majalengka Peringati Hut RI ke-73

Sehingga yang selaman ini kalau kita berkunjung ke Rumah Sejarah, lanjut Danlanud, ada petugas yang menjelaskan bagian-bagian dari Rumah Sejarah.

“Kedepannya kita bisa menggunakan sarana audio visual yang menjelaskan bagian-bagian dari Rumah Sejarah tersebut, sehingga diharapkan pengunjung dapat merasakan suasana saat itu”, Ujar Danlanud.

Bupati Subang H. Ruhimat menjelaskan nota Kesepakatan bersama Lanud Suryadarma  dalam hal pelestarian cagar budaya yang ada di Kota Subang merupakan langkah yang tepat.

Baca juga  Percepat Layanan Kesehatan, Bupati Minta Desa dan Kelurahan Sediakan Mobil Ambulance

“Rumah sejarah merupakan saksi bisu penyerahan tanpa syarat belanda kepada Jepang. Oleh karena itu dalam mewujudkan Jawara Wisata, Pemda Subang berkewajiban mengelola secara tepat. Melalui upaya perlindungan dan pemanfaatan Rumah Sejarah Kalijati, saya berharap sinergitas antara TNI AU dalam hal ini Lanud Suryadarma dengan Pemda Subang dalam rangka pemanfaatan Rumah Sejarah Kalijati terus berkelanjutan, ”, ujar Bupati Subang.

 

 

Wartawan : Iwan Sukmawan