Connect with us

Headline

Perebutkan 366 Buah Medali, 1.537 Atlet Bersaing di Ajang Porkab

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,-Sebanyak 1.537  orang atlet dari 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang dipastikan ikut berlaga di ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab)  ke-2 tahun 2017, dengan memperebutkan sedikitnya 366 buah medali emas,  perak,  dan perunggu.

Acara secara resmi dibuka oleh
Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih SE ditandai dengan pemukulan goong didampingi Kadisparpora Subang H Ahmad Sobari, dan ketua Koni Subang Yoyo Kustrio, Senin (14/11), di Gor gotong royong Subang,  Jln A Nata Sukarya Subang .

Acara pembukaan ini dihadiri kurang lebih 2.000 orang mewakili dari setiap Kecamatan se-Kabupaten Subang. Terdiri dari, para atlet,  unsur muspika, kopel, dan official.

“Saya berharap Porkab ini, selain menjadi media silaturahmi masyarakat olahraga juga mencari bibit-bibit atlet terbaik di setiap daerah di Subang, yang nantinya bisa diandalkan memperkuat tim kebanggan Subang  pada ajang olahraga pada level yang lebih tinggi,”kata Bupati Subang Hj Imas Aryumingsih dalam sambutannya.

Ia menegaskan, jika Pemkab Subang akan selalu mendukung semua kegiatan positif di bidang olagraga terutama mengenai pembinaan atlet-atlet muda berbakat.

“Karena ini yang disebut motekar, ajang Porkab ini menjadi ajang berkumpulnya insan olagraga Subang. Selain melatih kemampuan anak-anak juga,  mendorong mereka agar terus lebih produktif dan berprestasi. Saya cuma berpesan,  bermainlah sportif dan selamat bertanding,” ungkap Imas.

Sebelumnya, para peserta porkab tersebut dihibur melalui penampilan marching band  dari SMKN 2 Subang dan pertunjukan seni bela diri silat ciung wanara yang didominasi dari para pelajar SMP.

Sementara diungkapkan Kadisparpora H Ahmad Sobari, tujuan dari kegiatan porkab ini sebagai sarana evaluasi terhadap pelaksanaan keolahragaan didaerah, menuju subang anyar rakyat subang motekar.

Terlebih, acara ini tentunya dalam rangka menjaring bibit-bibit atlet potensial berbakat,  dan sebagai media untuk memupuk, memelihara,  dan menggalang persatuan,  persaudaraan dan tali silaturahmi seluruh komponen insan olahraga,  masyarakat,  jajaran muspida,  dan pemda subang.

“Ayo secara bersama-sama kita memajukan olahraga di Kabupaten Subang,”ajak Kadis.

Ahmad juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh kontingen cabor di setiap Kecamatan se-Kabupaten Subang,  yang telah  ikut serta berpartisifasi pada gelaran Porkab tahun 2017 ini.

Tentunya ada harapan kata dia,  melalui event olahraga seperti ini untuk bisa menyukseskan prestasi olahraga Subang.

“Kepada para atlet kami ucapkan selamat bertanding dan berlomba,  jadikanlah ajang ini sebagai pelajaran berharga dan motivasi untuk meningkatkan prestasi dimasa yang akan datang dengan tetap memegang teguh prinsip fair play dan semangat persatuan, “jelasnya.

Dasar penyelenggaraan Porkab ini diantaranya,  mengacu pada Undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional dan  peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2007 tentang penyelebggaraan olahraga.

Dilain pihak,  Ketua Koni Subang Yoyo Kustrio mengatakan,  acara Porkab ini merupakan ide dan gagasan awal yang ia lahirkan pada tahun 2015 lalu. Dengan tujuan selain menjadi media silaturahmi masyarakat Subang juga memasyarakatkan olahraga di seluruh kecamatan se-Kabupaten Subang.

Terkait pelaksanaan Porkab ke-2 ini yang sepenuhnya diselenggarakan oleh Disparpora Ia menegaskan, karena Koni Subang saat ini sedang fokus kepada agenda yang lebih besar yaitu Pekan Olahraga Antar Daerah (Porda) Bogor tahun 2018 mendatang.

“Ya,  kami (Koni) Subang sedang fokus pada persiapan ajang bergengsi di Porda, jika dikatakan kecewa tidak dilibatkan dari penyelenggaraan porkab itu salah besar,”tandasnya.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan,  terdiri 9 cabor,  atletik,  bola voli,  bola basket,  bulu tangkis,  catur,  futsal,  renang,  senam,  dan tenis meja.

Hadir pada kesempatan itu juga Sekda Subang Abdurakhman,  Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian,  Kajari Subang Chandra Welo,  Lanud Suryadarma,  dan tamu undangan lainnya. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih membuka secara resmi giat Porkab ke-2 ditandai dengan pemukulan goong didampingi Kadisparpora Subang H Ahmad Sobari, dan ketua Koni Subang Yoyo Kustrio, Senin (14/11), di Gor gotong royong Subang,  Jln A Nata Sukarya Subang .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *