Connect with us

Headline

Peringati Hari Pahlawan, 32 Rutilahu Veteran Diperbaiki Kodim 0605 Subang

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Peringatan Hari Pahlawan Nasional, sedikitnya 32 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik para veteran yang tersebar di wilayah Kabupaten Subang berhasil diperbaiki oleh Kodim 0605 Subang.

Sejumlah veteran secara simbolis menerima kunci rumahnya masing-masing, yang diberikan langsung oleh Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian disaksikan Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih. Beserta para pejabat lainnya yang tergabung dalam  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada acara riung mungpulung di Aula Pemkab Subang, Jumat pagi (10/11).

Program bedah rutilahu ini merupakan kerjasama Kodim 0605 Subang dengan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Jadi jumlah total yang diajukan untuk diperbaiki ada 38 rumah,  namun hanya ada 32 yang disetujui. Karena melihat memang yang  diperbaiki oleh kami benar-benar rumah yang tidak layak huni,”ungkap Dandim 0605 Subang usai acara riung mungpulung Forkompida dan LVRI Kab.Subang.

Baca juga  Ustadz Maung, Mukmin : Hijrah, Amalkan nilai-nilai Pancasila

Dandim juga menjelaskan,  program perbaikan rutilahu  inipun merupakan bentuk kepedulian Kodim 0605 Subang,  yang telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan BUMN untuk memperhatikan kondisi terakhir tempat tinggal para veteran.

“Semoga dengan program ini setidaknya bisa membantu para veteran yang ada di Kabupaten Subang. Tapi mudah-mudahan saya tidak salah menyimpulkan, kalau di Subang para veteran sudah memiliki rumah yang layak huni. Saya juga ucapkan terimakasih tentunya kepada para perusahaan BUMN yang telah membantu menyukseskan program ini, “jelasnya.

Terlepas dari itu ,  dalam memaknai peringatan Hari Pahlawan yang mengambil tema Perkokoh Persatuan Membangun Negeri ini, Dandim berharap tidak hanya sebatas retorika saja. Namun ada dua hal yang harus dilaksanakan.

Baca juga  Ini Momen Presiden Jokowi Bersama Sprinter Lalu Muhamad Zohri di Istana Negara

“Pertama pahlawan yang telah gugur harus kita hormati, salah satunya dengan memperbaik makamnya. Saya himbau kepada pemerintah darah untuk melihat taman makan pahlawan kita, jika memang ada yang harus diperbaiki, maka harus diperbaiki,” tegasnya.

Kemudian Dandim berharap, pahlawan yang masih ada, yakni veteran yang merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia harus benar-benar diperhatikan apapun  bentuknya.

“Mudah-mudah Forkopimda Subang, menginplementasikan apa-apa yang diamanatkan bung Karno. Tidak ada bangsa yang besar tanpa mengingat jasa-jasa para pahlawan,”harapnya.

Disamping itu sebanyak 120 Anggota Veteran  yang telah hadir pada acara riung mungpulung tersebut mendapatkan tali kasih berupa bantuan sembako.

Salah satu BUMN yang membantu dalam mensukseskan program rutilahu para veteran di Subang yakni PT Pupuk Indonesia. 

Baca juga  Hendak Kabur dan Melakukan Perlawanan, Pelaku Pencurian di Tembak Mati

“Iya, ini merupakan program kita yang ketiga. Program perbaikan rumah tidak layak huni bagi veteran sudah kita laksanakan sejak dua tahun lalu. Dan di tahun ketiga giliran di Jawa Barat, salah satunya dalah kabupaten Subang,” kata VP External Communication & Media Relation PT Pupuk Indonesia M. Aby Radityo. (Galih Andika/Rlz/R1/16)***

Ket.Gambar : Saat Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian foto bersama para veteran penerima simbolis kunci rumah setelah diperbaiki, didampingi  Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih dan Forkompida pada acara riung mungpulung selepas upacara peringatan hari pahlawan nasional di makam pahlawan cidongkol,  Subang Jumat pagi (10/11).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *