Peserta Diklat KSR Jajal Perahu Karet Simulasi Pertolongan Pertama

SUBANG, Lampusatu.com,- Puncak acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Korps Sukarela (KSR)  PMI Kabupaten Subang berakhir dengan keseruan praktek menggunakan perahu karet dalam simulasi penyelamatan korban didalam air pada Sabtu sore (5/8), di wisata air Danau Love Ds.Cisampih , Kec. Dawuan, Subang.

Sebanyak 50 peserta antusias mengikutinya, mereka rela secara bergantian didampingi para instruktur profesional dari para Pembina PMI dan TSR menjajal perahu karet mengenakan  pelampung sebagai pengaman berenang di danau love .

Selain itu,  mereka juga praktik dapur umum dan Pertolongan Pertama (PP)  kepada korban saat terjadi sesuatu yang menimpa seseorang dalam jumlah sedikit ataupun banyak.

Baca juga  Mobil Truk Box Alami Kecelakaan di Tol Cipali KM 97 Subang

“Asik sekali acara diklat ini, kita banyak belajar berbagai hal tentang aksi kemanusiaan khususnya ke PMI an. Yang paling seru menjajal perahu karet dengan mendayung sendiri,  simulasi pertolongan terhadap korban yang tenggelam. Diakhiri makan bersama hasil dapur umum para peserta, “kata Ikbal  salah satu mahasiswa peserta Diklat KSR .

Hal senada diungkapkan Ria (20), salah satu peserta diklat KSR,  senang bisa mengikuti semua rangkaian Diklat dari hari pertama 3-5 Agustus 2017. Banyak hal yang bisa dicoba,  mulai dari perahu karet,  PP,  dan acara dapur umum.

Baca juga  Akhir Tahun 2017, DPMTSP Subang Melaunching 13 Perizinan Online dan SPIPISE

“Terakhir dapur umum sangatlah menyenangkan,  memasak dengan jumlah yang banyak. Berpacu dengan waktu,  tetapi akhirnya bisa,” kata Ria.

Acara inipun ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua PMI Kab.Subang/Kadis BP4D Sumasna didampingi pengurus PMI  lainnya, H Yayat yang juga menjabat sebagai Kadis Lingkungan Hidup Kab.Subang.

“Terimakasih kepada seluruh peserta diklat yang telah mengikuti semua rangkaian kegiatan Diklat KSR tahun 2017 ini. Semoga ilmu yang didapat selama tiga hari bisa di reflesikan dalam kehidupan sehari-hari dan siap menjadi kader aksi kemanusiaan yang suatu saat di butuhkan dikala terjadi bencana alam, “kata Sumasna didampingi Kepala Markas PMI Subang H Dally Kardilan dan pembina Forpis Ikhlas Simon. 

Baca juga  Dinas Kesehatan Subang Godok Perbup Kawasan Tanpa Rokok

“Tak lupa terimakasih juga kepada para penitia dan pembina yang telah menyiapkan acara ini dengan sangat matang. Melihat lokasi danau love ini,  kayanya cocok untuk latihan-latihan kader PMI karena tempatnya tidak terlalun jauh dari kota dan pemukiman warga, “pungkasnya. (Iwan Dmb/Rlz/R1/16)***

Ket.Gambar : Para peserta diklat KSR jajal perahu karet Sabtu Sore (5/8), di Danau love Dawuan,  Subang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini