PT.SUAI Subang Gelar Pembekalan Keterampilan Kerja Karyawannya Penyandang Disabilitas

SUBANG,Lampusatu.com – Bupati Subang, Haji Ruhimat mengikuti Kegiatan Pembekalan Keterampilan Kerja Penanganan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas yang terdampak Covid-19 di PT SUAI (Subang Autocomp Indonesia) Kabupaten Subang, Selasa (20/10/2020).

PLT Kadisnaker Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos, M.Si, dalam laporan penyelenggaraan pembekalan keterampilan kerja, kegiatan penanganan tenaga kerja penyandang disabilitas menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan surat Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja terkait penyampaian nominasi perusahaan penerima penghargaan dan permohonan pelaksanaan kegiatan.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pembekalan keterampilan kerja untuk meningkatkan kompetensi SDM khususnya tenaga kerja penyandang disabilitas di PT Subang Autocomp Indonesia dan untuk mendapatkan tenaga kerja yang terampil terlatih dan siap pakai dalam upaya meningkatkan kuantitas kualitas SDM,”ujarnya.

“Peserta pembekalan keterampilan kerja berjumlah 20 orang yang semuanya merupakan tenaga kerja penyandang disabilitas di PT Subang autocomp Indonesia, sedangkan narasumber atau materi berasal dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Kabupaten Subang, dan instruktur dari Dinas dan perusahaan,”paparnya.

Baca juga  TNI AD dan Warga Gotong Royong Membuka Akses Jalan Desa Ponggang

Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan atas nama pribadi dan mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Subang mengucapkan selamat datang kepada PLT. Direktur PTKDN Kemenaker, Ibu Nora Kartika Setyaningrum yang telah berkenan hadir dalam kegiatan pembekalan.

Ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia khususnya PT SUAI Subang Autocomp Indonesia yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan pembekalan ini.

“Kami (Pemda Subang)  merasa bangga PT SUAI telah memberi ruang 1% bagi penyandang disabilitas dari total jumlah non disabilitas yang bekerja di PT SUAI,”imbuhnya.

Istimewa

Kang Jimat sependapat bahwa mereka memiliki hak yang sama untuk bekerja sesuai dengan kemampuannya. Apa yang dilakukan PT. SUAI menjadi salah satu upaya mengurangi penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Subang.

“Pembekalan kali ini melibatkan saudara-saudara kita penyandang disabilitas yang terkena dampak covid 19. Saya berharap insentif peralatan kerja, berupa alat bantu pendengaran, semoga dapat memfasilitasi mereka untuk meningkatkan produktivitas kerja dan keterampilan para penyandang disabilitas,”pintanya.

Baca juga  Ratusan Bhabinkamtibmas Dibekali Teknis Pengawasan Anggaran Desa

Dalam beberapa kesempatan Kang Jimat selalu menyampaikan bahwa Subang sudah memasuki era industrialisasi. Oleh karenanya dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak agar dapat berjalan dengan baik serta mampu dirasakan oleh masyarakat. Subang jangan menjadi penonton, tapi harus menjadi bagian dari kegiatan industrialisasi tersebut.

“Oleh karena itu saya mendorong agar masyarakat usia kerja mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya, sehingga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Subang,”tegasnya.

PLT. Direktur PTKDN Kemenaker, Ibu Nora Kartika Setyaningrum yang membacakan sambutan Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (disingkat Ditjen Binapenta & PKK), sesuai amanat dalam UU Nomor 8 Tahun 2016, khususnya terkait Pasal 53 ayat (1) yang di mana, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen Penyandang Disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Baca juga  Gotong Royong Bebersih Saluran Situ Sukamelang Subang

Sedangkan di pasal 2, perusahaan swasta wajib memperkerjaan sedikitnya 1 persen penyandang disabilitas diperusahaan itu. Karena amanat Undang-undang wajib dilakukan.

“Maka ini menjadi komitmen bersama dalam rangka mempekerjakan penyandang disabilitas,”ujarnya .

Disampaikan Nora, kegiatan tersebut sangat strategis dalam upaya memperbanyak jumlah pekerja penyandang disabilitas yang hingga kini belum mencapai 2 persen.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula paket pembekalan keterampilan kerja bagi tenaga kerja penyandang disabilitas yang terdampak covid 19 tahun 2020, di wilayah Disnakertrans Kabupaten Subang yang diterima oleh Bupati Subang.

Selanjutnya disampaikan pula paket bantuan insentif peralatan kerja senilai 40 juta rupiah dalam rangka penanganan tenaga kerja penyandang disabilitas terdapat Covid-19 kepada PT SUAI yang diterima oleh Bapak kuat setia Budi DFM PT. Subang Autocomp Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut, hadir Ayanori Sato President Suai, Mr. Frans Boediono, Suai Director, Mr. Kuat Setia Budi. Suai DFM. Camat Cipeundeuy beserta jajaran.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini