Pulihkan Ekonomi Jawa Barat di Masa Pendemi Covid-19 Melalui JaFEST 2021

10

BANDUNG, Lampusatu.com – Bertempat di Aula Gedung Sate, Kota Bandung, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki meresmikan acara Jabar Culture And Tourism Festival (JAFEST) 2021, Minggu (21/3). JaFEST 2021 bertujuan untuk mendorong Ekonomi dari sektor UMKM dan Pariwisata di Jawa Barat, yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Dalam acara tersebut pula menampilkan ratusan permainan anak khas Jawa Barat, selain itu akan ada perlombaan permainan tradisional dalam Ulinpiade selama rangkaian JaFEST 2021 berlangsung.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Pemerintah mendukung acara ini akan sangat penting untuk pemulihan ekonomi Nasional, karena yang perlu dikerahkan pariwisatanya. Jawa Barat kaya akan budayanya yang sangat dalam, dan ini bisa jadi potensi yang luar biasa untuk kita harapkan dalam industri pariwisata.

Baca juga  Gerhana Bulan Total Telah Berakhir Malam Ini

 Selain itu Teten juga menambahkan mendorong pemulihan ekonomi nasional, termasuk mendorong transformasi UMKM untuk go digital.

“Saat ini Alhamdulillah sudah 12 juta UMKM kita yang terhubung dengan platform digital, kita ingin semakin banyak dan sasarannya sekarang adalah UMKM outbonding di platform digital di daerah-daerah,” katanya.

Acara yang berlangsung selama satu bulan ini, digagas oleh Organisasi Ikatan Alumni dari empat Perguruan Tinggi di Indonesia, yakni IKA UNPAD yang diketuai Irawati Hermawan, IA ITB yang diketuai Ridwan Djamaluddin, ILUNI UI yang diketuai Andre Rahadian, dan HA IPB yang diketuai Fathan Kamil.

Baca juga  Penyebab Terbakarnya Kilang Minyak Pertamina Balongan Diduga Tersambar Petir

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian ikatan alumni PTN untuk memulihkan ekonomi Jawa Barat di masa pandemi Covid-19. Ketua Umum Irawati Hermawan mengatakan, sudah ada 500 UMKM dari lima daerah yang tergabung dalam platform my UNPAD.

“Nantinya dari masing-masing ikatan alumni akan bergabung, dimana kami berkomit dari setiap alumni minimal 500 UMKM bergabung,” ujarnya.

Baca juga  Sorakan Warga Subang Saat Cuci Pesawat Ala Rafi Ahmad & Sebastian

Irawati menambahkan, sebagai modal awal ada sekitar 2000 UMKM yang akan dipromosikan dalam kegiatan tersebut.

Rangkaian acara JaFEST 2021 akan berlangsung di beberapa kota dan wilayah di Jawa Barat, antara lain Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Garut dan Kabupaten Cirebon.

Gelaran ini diadakan mulai 20 Maret 2021 hingga 22 April 2021. Indonesia memiliki sedikitnya 6000 permainan tradisional, dimana 400 diantaranya berasal dari Provinsi Jawa Barat. Dengan potensi kekayaan Budaya dan keindahan alamnya, diharapkan ekonomi Jawa Barat kembali bangkit, salah satunya melalui rangkaian JaFEST 2021.

Sumber : Okezone.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini