Connect with us

Headline

Puluhan Hektare Tanaman Padi di Pantura Diserang Hama Wereng

Published

on

Foto : abinsa Desa Pabuaran bersama perwakilan Dinas Pertanian Subang melalui bidang Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) turun ke sawah untuk membasmi hama wereng di lahan persawahan di daerah Desa/Kecamatan Pabuaran, Subang, Sabtu (16/3/2019) pagi sekitar jam 9.30 WIB.

SUBANG, Lampusatu.com – Puluhan hektare tanaman padi jenis Infari 33 dan Ciherang yang berumur 75 hari itu diserang hama wereng , Babinsa Desa Pabuaran bersama perwakilan Dinas Pertanian Subang melalui bidang Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) turun ke sawah untuk membasmi hama wereng di lahan persawahan di daerah Desa/Kecamatan Pabuaran, Subang, Sabtu (16/3/2019) pagi sekitar jam 9.30 WIB.

Baca juga  Ayo!!! Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Untuk membasmi hama wereng padi itu petani dan sejumlah kelompok tani melakukan penyemprotan dengan menggunakan obat montap dan bassa jenis insektisida.

“Kita kerahkan sebanyak 14 Orang petani untuk membasmi hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi milik petani,” kata Petugas Dinas Pertanian, POPT, Hidayat kepada Lampusatu.com.

Dia mengatakan, tanaman padi yang sedang berbuah ini diserang hama wereng ada sekitar 10 hektare lahan tanaman padi yang terkena hama.

Baca juga  BPJS Kesehatan Subang Nunggak Rp.9,5 Milyar ke RSUD Ciereng

“Dengan adanya kegiatan penyemprotan hama wereng ini semoga tanaman padi aman dari serangan hama wereng tersebut, katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Pajar Al-Kahfi, R Sigit Sriyono mengatakan, penyembrotan ini sebagai bentuk membasmi hama wereng menjelang masa panen tiba.

Hama wereng coklat saat ini menyerang buah padi selain wereng coklat hama lainnya seperti, Penggerek Batang, Kupu-kupu dan walang sengit hama itu sangat berbahaya terhadap buah padi.

Baca juga  Sebelum Belajar, SMK Bintar Purwakarta Diawali Shalat Dhuha

“Untuk antisipasi hama padi menyerang lebih luas tanaman padi, dilakukan penyemprotan secara massal yang melibatkan unsur dinas Pertanian dan Babinsa AD serta petani,” pungkasnya.

Wartawan : Iwan Sukmawan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *