Puluhan Ribu Warga Kecamatan Purwadadi Ikuti Pawai Alegoris HUT ke-73 RI

SUBANG,Lampusatu.com,- Puluhan ribu warga masyarakat di Kecamatan Purwadadi turun ke jalan untuk memeriahkan pawai alegoris yang digelar hari ini oleh Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Purwadadi, dalam rangka memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia, Sabtu (18/8/2018).

Para peserta yang diikuti dari masing- masing Desa se- Kecamatan Purwadadi dan para pelajar itu dilepas langsung oleh Camat Purwadadi Asep Sopandi didampingi Kapolsek Purwadadi AKP H Oyong, dan Danramil Purwadadi Kapten Inf Alexgro Watulaga. Dan finish panggung kehormatan di Jalan depan Pasar Purwadadi.

Turut hadir dalam acara tersebut, tokoh masyarakat Kec. Purwadadi yang juga mantan Ketua DPRD Subang H.Bambang Herdadi, Anggota DPRD dari Fraksi partai PKS, para tokoh pemuda Purwadadi, dan tamu undangan lainnya.

Baca juga  Pemkab Subang Kucurkan Anggaran Rp3,4 Miliar Selama 14 Hari Pemberlakuan PSBB

Camat Purwadadi Asep Sopandi mengatakan, pawai alegoris ini merupakan agenda rutin Pemcam Purwadadi yang dilaksanakan untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dimana kata Asep, merupakan “Pesta rakyat masyarakat Purwadadi” yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar warga masyarakat desa se- Kecamatan Purwadadi. Terlebih, makna yang tersirat dalam acara ini adalah untuk mengedepankan nilai-nilai gotong masyarakat purwadadi.

Saat Camat Purwadadi Asep Sopandi bersama Kapolsek dan Danramil Purwadadi melepas peserta pawai alegoris Hut ke-73 RI Sabtu (18/8/2018).

“Kami dari Muspika Purwadadi mengucapkan terimakasih kepada semua warga masyarakat Purwadadi yang telah memeriahkan acara ini,”kata Camat Purwadadi kepada Lampusatu.com disela-sela acara , Sabtu (18/8/2018).

Dalam acara pawai alegoris ini, Camat pun tak dapat menutupi sedikit kekecewaannya kepada 4  Desa yang tak mengikuti pawai alegoris tersebut.

Baca juga  Satgas Jaga Satru Berikan Santunan kepada Pati Jompo dan Anak Yatim

Dari 10 desa se- Kecamatan Purwadadi hanya ada 6 desa yang energik menggerakan warga masyarakatnya ikuti pawai alegoris.

“Saya tidak tahu alasan mereka 4 Desa, yaitu Desa Belendung , Koranji, Wanakerta, dan Rancamahi tidak ikut pawai alegoris hari ini yang dilaksanakan cuma satu kali dalam setahun pada momen hari Kemerdekaan RI,”ungkap Asep Kecewanya.

Beragam kostum unik dari peserta pawai alegoris Pemcam Purwadadi, Sabtu (18/8/2018), di Jalan depan Pasar Purwadadi.

Hal senada diungkapkan Danramil Purwadadi Kapten Inf Alexgro Watulaga, ia sangat geram dengan absennya 4 Desa dalam pesta rakyat pawai alegoris Hut ke-73 RI ini.

Menurutnya, seharusnya tidak ada alasan apapun bagi mereka 4 Desa untuk tidak ikut dalam pawai alegoris untuk memperingati hari kemerdekaan ini.

Baca juga  Pendukung Imas - Sutarno : Siapa Kita ?  Motekar , Motekar, Motekar Menang, Yes, Yes
Foto bersama unsur Muspika Kecamatan Puwadadi dan tamu undangan di panggung kehormatan pawai alegoris Sabtu (18/8/2018), di Jln.Pasar Purwadadi.

“Pesta alegoris ini adalah pesta rakyat Subang khususnya masyarakat Purwadadi untuk menghargai jasa-jasa pahlawan dulu yang berjuang merebut kemerdekaan. Harusnya mereka mengikuti, para pejuang dulu sampai bertaruh nyawa merebut kemerdekaan. Ini cuma jalan aja malas,”pungkasnya.

Dalam pawai alegoris inipun sejumlah dentuman meriam terdengar menggelegar yang semakin memeriahkan acara.

Beragam hasil bumi telah ikut dipamerkan dari setiap masing- masing desa. Belum lagi kostum unik yang digunakan para peserta makin mengocok perut siapapun yang melihatnya. Dan mobil hias yang disulap menjadi tank baja dan helikopter.

 

 

Wartawan : Iwan Sukmawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini