Connect with us

Headline

Purwakarta Miliki Heliped TNI AU di Pos Cikopo Lanud Suryadarma

Published

on

Foto : Danlanud Suryadarma Marsma TNI T Sembiring Meliala berfoto bersama unsur Forkopimda Purwakarta, PT Tri Cipta Swadaya usai meresmikan sekaligus melakukan penandatanganan hasil optimalisasi aset tanah TNI Angkatan Udara Cikopo dari PT Tri Cipta Swadaya, di Desa Bungursari, Kecamatan Cikopo, Purwakarta, Senin (18/3/2019) pagi.

SUBANG,Lampusatu.com – Meski pagi ini hujan turun begitu deras di sejumlah wilayah Kabupaten Purwakarta, namun tak menyurutkan semangat Danlanud Suryadarma Marsma TNI T Sembiring Meliala untuk meresmikan sekaligus melakukan penandatanganan hasil optimalisasi aset tanah TNI Angkatan Udara Cikopo dari PT Tri Cipta Swadaya, di Desa Bungursari, Kecamatan Cikopo, Purwakarta, Senin (18/3/2019) pagi.

Danlanud Suryadarma dalam sambutannya menyampaikan, perlu kita ketahui bersama bahwa  tanah aset TNI AU yang berada di daerah Cikopo dengan luas sekitar 17,6 hektar sudah 39 tahun tanah ini tidak begitu terawat serta perlu pemeliharaan serta pengawasan yang cukup serius.

Terlebih, dalam hal ini TNI Angkatan Udara Lanud Suryadarma yang diberikan tugas dan kepercayaan dari komando atas untuk mengamankannya.

Baca juga  Hendak Kabur, Terduga Teroris Tewas di Tembak Mati di Bawah Fly Over Pamanukan

“Oleh karena itu sekuat tenaga kami membenahi daerah aset Cikopo ini agar lebih baik lagi kedepannya, sehingga nantinya akan bermanfaat bagi pemerintah daerah maupun masyarakat sekitarnya,”kata Danlanud.

Istimewa

Menurut Danlanud, upaya dan kerja ini cukup memakan energi mulai dari penertiban aset yang selama ini diduduki oleh anak dan cucu eks pensiunan Tni AU.

“Berikut kendala di lapangan yang beragam, sehingga saat ini sudah terlihat bahwa TNI AU hadir dengan adanya Pos, Gapura, Heliled, pagar keliling dan lain-lainnya sebagai pengakuan yang sah secara Dejure dan Defacto,”tegas Danlanud.

Selanjutnya, Danlanud menyampaikan penyerahan hasil pekerjaan optimalisasi aset tanah TNI AU Cikopo dari PT. Tri Cipta Swadaya kepada Lanud Suryadarma yang baru saja kita saksikan bersama.

Baca juga  Rapat Pleno Selesai, Pilbup Subang Jimat - Akur Unggul Hasil Penetapan Perolehan Suara

Bertujuan dalam rangka proses pembangunan area latihan bagi Prajurit TNI Angkatan Udara, serta diperuntukkan juga sebagai pembuatan helipad untuk pendaratan helikopter TNI dan juga dapat digunakan oleh helikopter dari instansi pemerintahan/swasta melalui mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

“Hal ini mengingat lokasi Cikopo berada dekat dengan akses tol. Kita bersyukur pada saat ini helipad sudah jadi dan dapat digunakan untuk pendaratan helikopter sesuai dengan prosedur keselamatan terbang”, terang Danlanud.

Hal senada dengan Danlanud Suryadarma, Didi Suardi selaku Staf Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) yang dalam hal ini mewakili Bupati Purwakarta menyampaikan pesan bahwa pihak Pemkab Purwakarta
menyambut baik adanya pembuatan helipad tersebut.

Baca juga  RAPI Subang Gelar Halal Bihalal di Wisata Kolam Renang Citapen

“Sehingga harapannya pihak investor yang mau menanamkan modalnya di daerah Purwakarta menjadi lebih tertarik. Hal ini karena ada moda transportasi pilihan selain jalur darat yang dapat menjangkau daerah Purwakarta,”ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Purwakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Sumber Daya Manusia, Ketua DPRD Purwakarta, Komandan Wing 8, Komandan Wing Perbekalan, Komandan Wing Teknik, Para Kepala Dinas, Dandim Purwakarta, Kapolres Purwakarta, Para Pejabat Tim Aset, Danskadron 7,  Ketua PIA Ardhya Garini Bakorcab Kalijati beserta pengurus,  Camat Bungursari, Kapolsek Bungursari, Danramil Cikopo, Kepala Desa Cikopo, Bapak Viktor Lumban Turuan dari PT. Tricipta Swadaya.

Red : Galih Andika