Connect with us

Headline

Sebelum Belajar, SMK Bintar Purwakarta Diawali Shalat Dhuha

Published

on

Foto : Istimewa

PURWAKARTA,Lampusatu.com,- Pendidikan Penguatan Karakter menjadi program utama SMK
Bina Taruna (Bintar). Hal ini bertujuan memperbaiki karakter siswa dan siswi agar menjadi pelajar yang berakhlakul karimah.

Kepala SMK Bintar, Sudrajat menjelaskan, bahwa sejak awal dirinya memimpin SMK tersebut, kurang lebih lima bulan lalu, para siswa memang sudah dibiasakan salat dhuha sebagai pembuka kegiatan.

“Sarapan fisik mungkin sudah disiapkan di rumah. Kami melengkapi dengan sarapan rohani,” ujar Sudrajat, Kamis (9/8/2018).

Dia menuturkan pertama kaidah ilmu yang diperoleh secara material melalui perantara guru, alat peraga mata pelajaran, dan metoda klasikal yang selama ini dijalankan. Sementara yang kedua adalah kaidah ilmu yang diperoleh secara spiritual melalui proses transendensi yang dijalani oleh pelajar di sekolah sehingga melahirkan transformasi energi dalam ruang batin para pelajar.

“Tujuan program shalat dhuha setiap hari Rabu dan Jum’at sebelum masuk pada pelajaran, adalah membentuk karakter sukses siswa-siswi SMK Bintar,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk meningkatkan kedisiplinan siswa smk bintar mulai tahun ajaran 2018/2019 memasukan pelajaran tambahan Pendidikan Kedisiplinan dan Karakter (PKK) selama 2 jam pelajaran.

“Para siswa-siswi SMK Bintar akan diberikan pemahaman kedisiplinan dan karakter yang langsung diberikan pemateri dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Sudrajat, di SMK bintar saat ini, absen guru dan siswa sudah menggunakan finger print.

“Dengan adanya absen finger print kehadiran siswa tiap hari bisa ke rekam siswa yg terlambat, bolos dan tidak masuk sekolah. Hasil print out dari finger print langsung dilaporkan ke orang tua siswa. Finger print ini aman karena dilengkapi kamera pemantau kamera cctv,” kata Sudrajat.

Dengan demikian, pembinaan karakter disiplin dan pembinaan dengan sentuhan rohani kepada para siswa-siswi.

“Insya alloh pelajar smk bintar akan lebih disiplin dan berkarakter, serta jauh dari tawuran,” pungkasnya.

 

Wartawan : Alif