Connect with us

Headline

Situ Kalijambe Meluap, Puluhan Rumah di Purwadadi Terendam Banjir

Published

on

Foto : Hujan deras yang mengguyur wilayah Subang, termasuk salah satunya di Kecamatan Purwadadi  membuat situ Kalijambe meluap, Senin (24/2/2020), sekitar pukul 10.00 Wib.

SUBANG,Lampusatu.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Subang, termasuk salah satunya di Kecamatan Purwadadi  membuat situ Kalijambe meluap, Senin (24/2/2020), sekitar pukul 10.00 Wib

Akibatnya, dua Desa di Kecamatan Purwadadi, Desa Purwadadi Barat dan Rancamahi terkena dampaknya. Selain sempat menutup akses jalan yang menghubungkan Desa Purwadadi Barat ke Desa Belendung air juga sampai ke pemukiman warga setinggi mata kaki.

Istimewa

Sementara di Dusun Kumendung Rw. 01/Rt. 01, Desa Rancamahi limpahan air situ sampai merendam sedikitnya 20 rumah warga yang berada dekat aliran  sungai situ Kalijambe dengan ketinggian air sampai 60 – 80 cm.

Baca juga  Derita Kanker Tulang, Dara Cantik Asal Kampung Cigedogan Tak Bisa Lanjutkan Sekolah

“Penyebab luapan situ Kalijambe itu adanya kedangkalan, saat hujan deras dengan intensitas yang tinggi airnya luber. Sebelumnya pihak Desa Purwadadi Barat sudah mengajukan permohonan untuk normalisasi ke PUPR, namun belum juga dikerjakan situ meluap duluan,”ungkap Camat Purwadadi, Dadang Dermawan melalui Sekma Purwadadi Wawan Irawan kepada Lampusatu.com, Senin (24/2/2020) sore.

Diungkapkan Wawan, “Solusi untuk mengatasi luapan air Situ Kalijambe tersebut sedang dirundingkan bersama-sama antara, Warga Masyarakat terdampak, Rt, Rw, Kadus, Kades Purwadadi, Rancamahi , dan Muspika Purwadadi. Adanya kejadian ini , pihak Puskesmas Purwadadi akan segera membuka posko pelayanan kesehatan,”ungkapnya.

Istimewa

Selain itu, di Kampung Kaliwadas Desa Pagon Purwadadi luapan air sungai terusan ke Situ Citapen juga ikut meluap. Akibatnya,  seluas 5 hektar sawah milik warga ikut terendam banjir .

Baca juga  Operasi Simpatik, Puluhan Pengendara Terjaring Razia di Jalan Raya Purwadadi

Galih Andika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *