Connect with us

Headline

Tanggul Saluran Sekunder Jebol, Ribuan Hektar Sawah di Kecamatan Dawuan Terancam Kekeringaan

Published

on

Foto : Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir di wilayah Subang, membuat tanggul saluran sekunder Curug Agung milik Perum Jasa Tirta (PJT) II yang berlokasi di Kampung Melong, Desa Jambelaer, Kecamatan Dawuan, Subang, jebol, Rabu (13/2/19) siang. 

SUBANG,Lampusatu.com – Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir di wilayah Subang, membuat tanggul saluran sekunder Curug Agung milik Perum Jasa Tirta (PJT) II yang berlokasi di Kampung Melong, Desa Jambelaer, Kecamatan Dawuan, Subang, jebol, Rabu (13/2/19) siang.

Akibatnya, 1.992 hektar lahan sawah dari 7 Desa di Kecamatan Dawuan, terancam kekeringan. Tujuh desa itu meliputi, desa Batusari, Manyeti, Dawuan Kidul, Margasari, Sukasari, Dawuan Kaler dan desa Cisampih.

Baca juga  Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus 2019

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang, H.Hidayat didampingi Kasi Penanggulangan Bencana, Darmono membenarkan hal tersebut.

Kondisi persawahan milik warga akibat jebolnya tanggul saluran sekunder.

Setelah mendapat laporan kata Darmono, pihaknya langsung ke lokasi termasuk dari PJT II Purwakarta dan Subang untuk melihat kondisi lapangan.

“Awalnya memang ada kebocoran yang tidak seberapa di titik yang akhirnya jebol dan sudah berhasil ditangani oleh pihak PJT, “terangnya.

Baca juga  Resmikan Rumdin Barunya, Kapolres Bagikan Santunan 70 Anak Yatim

“Saluran sungai sekunder itu jebol  dengan pajang mencapai 10 meter lebih sehingga arus sungai membanjiri pesawahan warga yang ada di bawahnya. Kami langsung melakukan koordinasi dengan pihak PJT karena saluran sekunder Curug Agung cukup vital untuk mengairi sawah di beberapa desa,”timpalnya.

Secara terpisah, Camat Dawuan, HM.Solih, M.Si ia telah meminta seluruh Kepala Desa yang terdampak mengirimkan warganya untuk bergotong-royong memperbaikinya untuk sementara.

Baca juga  Dandim 0605 Subang Pimpin Langsung Panen Perdana Padi Varietas Inpari 33 di Compreng

“Besok pagi diharapkan bisa selesai secara gotong royong untuk menutupi longsoran, “pungkasnya.

 

 

Wartawan : Iwan Sukmawan