Connect with us

Headline

Terima Gedung PLUT, Pelaku UMKM Subang Diharapkan Naik Kelas

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,-Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Abdul Kadir Damanik menyampaikan, bahwa usai dilakukannya serah terima gedung PLUT-KUMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM kepada Pemerintah Kabupaten Subang, kinerja dan pelayanan pendampingan terhadap KUMKM di Kab.Subang dapat lebih ditingkatkan.

Hal tersebut dimaksudkan guna membantu KUMKM Subang untuk naik kelas.

“Tetap memperhatikan betul keberadaan dan kinerja PLUT-KUMKM ini dalam memberikan layanan pendampingan kepada Koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang,  dalam berbagai bidang, seperti dalam bidang kelembagaan, peningkatan kompetensi SDM, akses pembiayaan, peningkagan kualitas produksi dan nilai tambah, perluasan jaringan pemasaran dan kemitraan usaha, serta akses pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi,” kata Abdul Kadir dalam sambutannya mewakili Menteri Koperasi dan UKM pada acara pada acara PLUT Subang Expo 2017 yang di gelar di halaman kantor PLUT Subang Jl. KS. Tubun no 40 Subang, Kamis (7/12).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih SE, Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Eviyanti Nasution, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar Dudi Sudrajat .

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab.Subang H Ugit Sugiana beserta jajarannya, sejumlah OPD, BUMN/BUMD, dan tamu undangan lainnya.

Dijelaskan Damanik, program PLUT ini dilucurkan pada 2013, dan sampai tahun 2017 telah dibangun sebanyak 51 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampai saat ini dari 51 unit tersebut,  40 lainnya terakhir Subang sudah dihibahkan.

“Untuk lahan pembangunannya disediakan oleh Pemerintah Daerah, dan untuk biyaya gedung ditanggung dari kementerian. Sementara untuk mengisi peralatan gedung ditanggung oleh Pemda, sementara untuk biyaya oprasional dari kementrian yang sifatnya  sementara antara 3-5 tahun,” jelasnya.

Damanik mewanti-wanti kepada Pemkab Subang yang kini menjadi pengelola PLUT, dan diberikan sebagai hibah jangan sampai di alih fungsikan bangunannya untuk dipakai selain dari program UMKM.

Diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan H Ugit Sugiana, setelah resmi diterima oleh Kabupaten Subang,  maka gedung PLUT ini akan dimanfaatkan sebagai tempat pengembangan usaha produktif melalui pemanfaatan energi baru dan terbarukan, tempat untuk meningkatkan kualitas produksi UMKM .

Terlebih dijadikan tempat penguatan kelembagaan koperasi tidak sehat, tempat pendampingan UMKM yang ingin naik kelas, tempat peningkatan kapasitas SDM, sentra usaha UMKM, tempat wisata kuliner  pusat oleh-oleh khas Subang , dan masih banyak yang lainnya.

“Melalui kegiatan Subang Expo yang diikuti sekitar 1.000 orang ini, bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan pelaku KUMKM, serta mendorong prakarsa dan peran UMKM guna membangun ekonomi daerah berbasis kewirausahaan melalui kemitraan dan jaringan usaha. Terutama agar masyarakat Subang mencintai produk unggulan asli daerah,”kata Ugit Sugiana.

Selain itu, kata Ugit , kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan mentalitas, serta memberikan kesempatan memasarkan dan mempromosikan produk bagi pelaku UMKM di Subang.

“Kami ingin menumbuhkan semangat berkarya UMKM dalam melaksanakan usahanya, menciptakan kegiatan usaha produktif yang unggul, maju, mandiri dan kompetitif, berbasis pada potensi daerah,” jelasnya.

Sementara ditambahkan Bupati Subang Hj Imas Aryumingsih, dengan adanya kehadiran PLUT ini sangat diharapkan perannya dalam mendorong dan meningkatkan kemampuan daya saing pelaku UMKM di Kab.Subang. Ia sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali atas perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementrian Koperasi dan UMKM akan bantuan gedung PLUT tersebut.

“Untuk itu saya menghimbau agar intasi lembaga dan seluruhnya besinergi untuk mengangkat produk-produk unggulan daerah kita, sehinga produk kita bisa naik kelas dan yang paling utama orang Subang harus mencintai sekaligus membeli produk kita sendiri,” tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan serah terima bangunan PLUT simbolis dengan menyerahkan berita acara serah terima, dan penyerahan KUR dari bank kepada pelaku usaha dan pembukaan expo yang ditandai dengan gunting pita.

Beberapa kegiatan dalam expo ini diantaranya, gelar produk koperasi, lomba kreasi masak nanas, expo pembiyayaan dari lembaga pembiayaan, penyerhana NIK (Nomor Induk Koperasi dan IUMK (Ijin Usaha Mikro Kecil) serta sosialisasi rumah pangan dan Pengembangan koperasi. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Kementerian Koperasi dan UKM Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Abdul Kadir Damanik menyerahkan bukti penyerahan gedung PLUT kepafa Bupati Subang  Hj Imas Aryumningsih pada Kamis (7/12), halaman kantor PLUT Subang Jl. KS. Tubun no 40 Subang, Kamis (7/12).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *