Connect with us

Headline

Terpilih Secara Aklamasi, Yaya Sudarya Pimpin FKPDAS Subang

Published

on

Foto : Aktivis lingkungan dari Lembaga Advokasi Masyarakat Subang (LAMS), Yaya Sudarya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) Kabupaten Subang masa periode 2018 - 2023 yang berlangsung di Kecamatan Bungursari, Hotel Harper Purwakarta, Jumat (13/9/2019).

SUBANG,Lampusatu.com – Penggiat lingkungan dari Lembaga Advokasi Masyarakat Subang (LAMS), Yaya Sudarya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) Kabupaten Subang masa periode 2018 – 2023 yang berlangsung di Kecamatan Bungursari, Hotel Harper Purwakarta, Jumat (13/9/2019).

Pemilihan Ketua FKPDAS Subang tersebut bersamaan  dengan Kabupaten Purwakarta dan Karawang yang digelar  oleh pengurus FKPDAS Jawa Barat, diwakili  Koordinator bidang Edukasi dan pemberdayaan masyarakat Dr.Mulyaningrum, Bidang pengembangan sumberdaya Aep Saeful Islam, beserta pengurus lainnya.

Turut hadir juga pada kesempatan itu, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang diwakili Asda II Tri Hartono beserta tamu undangan lainnya.

Baca juga  Ratusan Peserta Ikuti Gobar Munggahan di Desa Tangulun Timur

Ketua FKPDAS Subang , Yaya Sudarya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada dirinya.

Ia berjanji, amanah tersebut akan dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan para pengurus yang solid, untuk bisa berkontribusi besar sebagai mitra pemerintah dalam kelestarian lingkungan khususnya di daerah aliran sungai (Das) .

Ketua FKPDAS Subang  Yaya Sudarya.

“Yang pasti, langkah awal adalah membuat program kerja yang komperhensip, dimana yang paling utama mewujudkan peran manusia dalam menjaga dan melestarikan sumberdaya Alam Daerah Aliran Sungai,”ujar Yaya.

Sementara itu Pengurus FKPDAS Jawa Barat, Dr Mulyaningrum menjelaskan bahwa FKPDAS merupakan Lembaga Nonstruktural di  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang dibentuk  berdasarkan Amanat Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan dan UU Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

Baca juga  Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Rangkasbitung Gelar Apel Komitmen Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2019

Selain itu berdasar PP Nomor 37 Th 2012 Tentang Pengelolaan DAS, dan Pergub No. 14 Th. 2013 tentang Pengolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Istimewa

  “Jadi kehadiran mereka (FKPDAS) untuk melindungi dan memulihkan fungsi hutan, rehabilitasi lahan dan konservasi tanah dan air di lingkungan DAS,”ujarnya.

Dengan hadirnya FKPDAS di Kabupaten/Kota Kata Mulyaningrum, diharapkan dapat menjaga kelestarian hutan perlindungan dan pemeliharaan sumber dan aliran DAS  kemanfaatan lahan secara produktif untuk tercapainya kesejahtraan masyarakat sekitar lingkungan DAS.

Baca juga  Jalur Pantura Subang Jadi Favorit Pemudik Lebaran Tahun Ini

“Jadi peran FKPDAS juga menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan mengembangkan proses pengawasan masyarakat di lingkungan DAS,”tutupnya.

Dari hasil pemilihan, untuk Ketua Korwil FKPDAS Kabupaten Purwakarta terpilih secara Aklamasi H.Ujang Alim Adi Saputra S.HUT dari KTNA Purwakarta dan untuk korwil Karawang Terpilih Asep Sudrajat dari penggiat Lingkungan Hidup

Pemilihan ketua FKPDAS tersebut diikuti berbagai profesi, baik dari birokrasi pemerintahan,  akademisi, aktivis lingkungan, komunitas masyarakat, dan media massa.

Wartawan : Iwan Sukmawan

Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Mang Uhen

    September 14, 2019 at 8:31 pm

    Sukses programnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *