Connect with us

Headline

Tim Mabesau Uji Fungsi AWOS Di Runway Lanud ATS

Published

on

BOGOR, Lampusatu.com,- Tim Gabungan dari Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau) Jakarta yang dipimpin oleh Kasubdis Meteo Kolonel Sus Hadi Isnadi melaksanakan uji fungsi alat pendukung penerbangan Automatic Weather Observation System (AWOS) Kamis (9/11), yang berada di Runway Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Tim Mabesau terdiri dari beberapa dinas yang terkait yaitu Disbangopsau, Disadaau dan Dislambangjaau ini di damping oleh kepala Dinas Operasi Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb Muzafar, S.Sos., M.M. meninjau dan mengecek secara langsung pelaksanaan uji fungsi AWOS yang baru saja selesai pemasangan dan pengerjaannya.

Menurut Kadisops, bahwa AWOS ini merupakan alat pengamatan atau observasi cuaca secara otomatis yang ditempatkan dibagian- bagian tertentu landasan pacu disuatu bandara atau pangkalan udara .

Dijelaskannya, AWOS ini merupakan suatu perangkat infrastruktur moderen pada bandara atau pangkala udara dimana mampu mengobservasi kondisi cuaca pada landasan pacu pesawat secara lengkap dan presisi yang mana informasi ini sangat dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan lepas landas maupun pendaratan sebuah pesawat di landasan pacu secara dengan aman.

” Dengan bertambahnya kelengkapan alat moderen ini menjadikan Lanud Atang Sendjaja menjadi Airport yang secara infrasruktur sudah siap dan mampu untuk mendukung kegiatan penerbangan dengan tingkat Safety yang tinggi,” jelasnya.

“AWOS juga memberikan informasi keadaan cuaca secara lengkap dan akurat pada awak pesawat maupun air traffic control dimenara pengawas dalam pengambilan sebuah keputusan untuk menentukan tingkat keamanan atau safety pada landasan pacu,”tandasnya. (Galih Andika/Rlz/R1/16)***

Ket Gambar : Kadisops Lanud Atang Sendjaja mendampingi Tim Mabesau saat meninjau dan mengecek kesiapan AWOS di Runway bandara Lanud Ats (poto Pen Ats),  Kamis (9/11).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News

Terbaru