Connect with us

Hot News

Ini Detik- detik Penyelamatan Para Korban di Tengah Kebakaran Hutan di Desa Cirangkong

Published

on

Foto : Simulasi detik -detik menegangkan saat warga dibantu petugas gabungan evakuasi korban saat kebakaran hebat hutan yang terjadi di hutan perbukitan Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe Subang, Selasa (31/7/2018).

SUBANG,Lampusatu.com,- Kebakaran hebat telah terjadi di hutan perbukitan di wilayah Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe Subang, Siang ini (31/7/2018).

Lokasi hutan yang bedekatan dengan salah satu Sekolah Dasar (SD) di Desa Cirangkong membuat susana mencekam sehingga membuat semakin panik warga setempat. Sebab, kepulan asap pekat yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut pun mulai menyebar ke perkampungan. Bahkan puluhan anak SD tak berkutik, mereka ikut terjebak dan bahkan ada yang tergeletak pingsan.

Namun hal itu tak berlangsung lama, berkat kesigapan warga setempat bersama TNI segera menghubungi Satuan Tugas (Satgas) Gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB), Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan Kab.Subang.

Saat simulasi  Warga dibantu para petugas gabungan evakuasi para pelajar SD yang terjebak di tengah kebakaran hutan yang hebat Siang ini , Selasa (31/7/2018).

Turunlah sejumlah armada pemadam kebakaran dan ambulance ke lokasi kebakaran. Berkat bahu membahu warga dengan petugas gabungan dengan perlengkapan tandu akhirnya para korban yang terjebak berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Kejadian tersebut hanyalah simulasi penanggulangan bencana yang digelar oleh DPKPB Kabupaten Subang yang bekerjasama dengan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 Kodim 0605 Subang.

Kepada awak media, Kepala DPKPB Subang H. Dayat menuturkan, kegiatan simulasi penanggulangan bencana ini telah bekerjasama dengan berbagai pihak terutama TNI.

Dengan tujuan, sebagai bentuk antisipasi dan melatih masyarakat agar paham ketika suatu saat menghadapi bencana, terutama bencana kebakaran hutan. Yang lokasinya juga tidak jauh dengan perkampungan warga.

“Di wilayah Subang bagian selatan ini, Kecamatan Cijambe khususnya Desa Cirangkong memang daerah rawan bencana, terutama kebakaran hutan. Karena masih dikelilingi hutan perbukitan. Maka dari itu kita lakukan simulai bersama pihak terkait lainnya. Termasuk didalamnya ada TNI, Polri, PMI, pelajar, mahasiswa dan masyarakat sekitar,” katanya.

Menurutnya, prosedur penanganan sejumlah korban dalam kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe  Subang ini sudah sesuai SOP yang dilakukan para petugas saat menangani para korban bencana alam.

“Kita lakukan simulasi ini sesuai SOP, bisa dilihat tadi ada laporan dulu dari warga, terus dilanjut ke Babinsa dan Babinkantibmas, setelah itu dilapor ke dinas, lalu kita segera turun,” jelasnya.

Sementara itu Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian
mengungkapkan, bahwa kegiatan simulasi penanggulangan bencana alam kebakaran hutan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan TMMD ke 102 Kodim 0605/Subang.

Menurutnya, simulasi kesiap-siagaan bencana alam yang disaksikan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-102 dari Kodam III/Siliwangi, Letkol Inf Sambas dan Mayor Inf Himawan dan Serda Mubarok serta Kadis DPKPB H.Hidayat.

“Saya berharap kegiatan simulasi penanggulangan bencana ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Cirangkong akan pentingnya kesigapan masyarakat dalam menghadapi bencana,”harap Dandim.

“Kita tahu wilayah kecamatan Cijambe ini merupakan daerah perbukitan dengan hutan yang masih asri dan sangat rawan bencana kebakaran hutan maupun tanah longsor, untuk itu butuh peran serta semua pihak untuk sama-sama menjaga hutan sekaligus tetap waspada dalam mengantisipasi kemungkinan bencana terjadi di daerah ini,”tandasnya.

Red : Galih Andika

Hot News

Terbaru