Satreskrim Polres Subang Ringkus Tiga Pelaku Spesialis Pencurian di Kantor Pemerintahan

340

SUBANG,Lampusatu.com – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Subang berhasil menangkap 3 pelaku spesialis pencurian di kantor pemerintahan. Para pelaku tersebut yakni HR (43), TL (43) dan BH (38).

Kapolres Subang, AKBP Aries Kurniawan Widiyanto didampingi, Waka polres Subang kompol Doni Wicaksono dan Kasat Reskrim Polres Subang AKP M. Wafdan Muttaqin mengungkapkan, modus kejahatan para pelaku menyasar perkantoran pemerintah. Mereka mencongkel jendela kemudian masuk ke dalam kantor dan menggasak semua barang berharga.

Baca juga  Bupati Karawang Seret Pabrik Teksil A ke Pidana, Puluhan Buruh Positif Covid-19 Tapi Tidak Lapor

Dari keterangan para tersangka kata Kapolres, ketiganya mengaku telah beraksi di 8 TKP yaitu, Kantor KUA Kecamatan Tambakdahan, SMPN 1 Binong, Kantor Desa Tambakdahan, Kantor KUA Cijambe, Kantor Desa Cijambe, Kantor KUA Kecamatan Sukasari, Kantor Korwil Pendidikan Cibogo, dan Kantor Kecamatan Dawuan.

Polres Subang menyita sejumlah barang bukti berupa alat untuk mencongkel, 1 buah TV , printer merek Epson WP 3721, 5 buah Monitor dan 1 buah kendaraan sepedah motor. Semua barang bukti yang kami sita itu di gunakan untuk aksi kejahatannya, serta hasil kejahatan dari 8 tkp,” ujar AKBP Aries kepada wartawan di Subang, Kamis (10/6/2021).

Baca juga  Bupati Bandung Barat Jadi Tersangka Korupsi Proyek Covid-19

Dalam aksinya tersebut lanjut AKBP Aries, ketiga tersangka berbagi peran, satu orang berperan sebagai penunjuk lokasi sasaran, kemduain yang mengawasi serta dan seorang lagi berperan mebobol jendela untuk masuk ke dalam kantor.

“Pelaku pun mengaku pernah bersama-sama melakukan pencurian serupa dengan total lebih dari delapan TKP di Kabupaten Subang,” ujarnya.

Baca juga  Mobil Pembawa Rp2,9 Miliar Uang Palsu Terjaring di Pos PSBB,  Empat Pelaku Diamankan

“Aksi ketiga pelaku ini sangat meresahkan. Sejumlah kantor KUA dan Kantor Desa serta Kelurahan, yang menjadi target operasi ketiganya,” timpalnya.

Atas perbuatannya tersebut, ketiga tersangka tegas Kapolres, dikenakan dengan pasal 363 ayat 2 KUH Pidana tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat).

“Mereka terancam kurungan penjara paling lama 9 tahun,” pungkas AKBP Aries.

 

Ovan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini