Connect with us

Inspiratif

Luar Biasa, Noviyanti Bertekad Membantu Tingkatkan Kesejahteraan Para Seniman Subang

Published

on

Foto : Pemilik Sanggar Nay Novianti Maulani saat melatih anak-anak menari di Lak Galuh Pakuan.

SUBANG,Lampusatu.com,- Keinginan kuat serta pengalaman yang mumpuni di bidang kesenian menjadikan Novianti Maulani bulatkan tekad untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para seniman di Kabupaten Subang.

Sebab, pemilik Sanggar Nay ini merasakan sendiri bagaimana keberpihakan pemerintah dalam kebijakan mengenai kesenian selama ini. Kesenian yang merupakan bagian dari kebudayaan secara utuh kerap kali terabaikan.

“Atas dasar pengalaman yang kurang enak itulah, saya ingin ada perbaikan nasib para seniman. Mereka adalah para pengemban identitas budaya lokal,” kata Noviyanti, Sabtu (28/7/2018).

Dia akan mendorong pembinaan sejak dini. Cakupannya adalah seperti memberikan panggung seluas luasnya kepada seniman muda maupun yang sudah jadi. “Langkah stategis yang fundamental adalah mengusulkan Perda seni budaya,” ucapnya.

Novi pun berupaya agar pemda memberikan penghargaan pada seniman senior supaya mendapat semacam dana pensiun. Dalam dunia pendidikan formal pun harus ada keberpihakan terhadap guru seni di sekolah.

“Saya juga berharap cabor sport dance yang sudah eksis di KONI Jabar, dapat pula berjalan di KONI Subang. Memang sudah ada tapi belum maksimal mencetak atlet tari. Termasuk Pengembangan kelas seni tradisi,” sebutnya.

Selama ini kiprah Noviyanti di bidang seni budaya sudah tidak diragukan lagi. Dia sudah lebih dari tujuh tahun membina sanggar sanggar, grup seni sisingaan, membantu sekolah dan sanggar mendapat alat kesenian serta
mencetak ratusan seniman dan penari muda hingga sekarang.

 

Red : Galih Andika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *